Kepala BRG RI Lakukan Peninjauan Lahan Gambut Dumai yang Terbakar

Kepala BRG RI Lakukan Peninjauan Lahan Gambut Dumai yang Terbakar

DUMAI (RIAUSKY.COM) - Berdasarkan laporan BMKG tentang kemarau di Indonesia dan dari BRG tentang kemarau di pesisir timur Riau sudah sangat memprihatinkan, juga telah muncul titik api dalam seminggu terakhir. 

Seperti yang terjadi saat ini di Kota Dumai tepatnya di Desa Mandau Kecamatan Medang Kampai, puluhan hektar lahan gambut hangus terbakar.

Kepala BRG RI Nazir Foead bersama Deputi 4 Haris Gunawan langsung turun meninjau ke lokasi kebakaran di Desa Mundam di dampingi kepala dinas LHK Provinsi Riau Ervin Rizaldi beserta rombongan dari BRG, Kamis (9/07/2018).

"Kami BRG turun langsung untuk berdiskusi bersama masyarakat mengenai apa yang sudah dilakukan atau langkah apa yang harus kita lakukan untuk memperkuat upaya pencegahan, dan agar mampu mengambil langkah cepat untuk menangani kebakaran yang sedang terjadi," kata Nazir Foead.

Terlihat dilokasi kebakaran  masyarakat peduli api, satgas karhutla, kepolisian, tentara, dan masyarakat saling bahu membahu untuk memadamkan api. Masyarakat sendiri secara swadaya ikut memadamkan api dengan peralatan yang dibantu oleh BRG berupa pompa air beserta selangnya.

Sebelumnya pihak BRG juga sudah memberikan pelatihan kepada masyarakat peduli gambut dan menetapkan penempatan kerjanya sehingga memberikan dampak yang baik dalam melakukan penanganan dan mampu bertindak lebih cepat dalam memadamkan api.

Hingga hari ini kebakaran lahan di Desa Mandau semakin meluas sampai puluhan hektar dalam beberapa hari terakhir yang awalnya hanya 1,5 hektar saja, ini di sebabkan para pemadam kesulitan mendapatkan sumber air untuk memadamkan api meskipun sudah dibantu dua unit helikopter. (R07)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index