BPS Ajak Perusahaan di Riau Lakukan Revolusi Data Perkebunan

BPS Ajak Perusahaan di Riau Lakukan Revolusi Data Perkebunan

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Provinsi Riau merupakan provinsi dengan area perkebunan sawit terluas di Indonesia. Di mana, Riau memiliki area perkebunan sawit dengan total lahan mencapai 20,22 persen dari total luas lahan perkebunan sawit yang tersebar di seluruh Indonesia.

Mengetahui peluang hilirisasi industri berbasis kelapa sawit di Riau sangat tinggi, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau akan melakukan revolusi data perkebunan menuju satu data.

Selama ini, BPS tidak memiliki data lengkap perkebunan dikarenakan masih banyak ditemukannya perbedaan data yang dimiliki pemeritah, swasta maupun si perusahaan itu sendiri. 

"Revolusi data ini dilakukan untuk membangun karakter usaha perkebunan ke arah yang lebih baik. Kita juga harus melakukan upaya untuk bisa memiliki data statistik perkebunan yang punya berkualitas," kata Kepala BPS Provinsi Riau, Aden Gultom dalam workshop hasil pengolahan perusahaan perkebunan  di Hotel Pangeran Pekanbaru,  Rabu (15/8/2018).

Ia pun berharap melalui workshop ini, para pelaku usaha perkebunan di Riau baik milik pemerintah maupun swasta muncul kesadaran untuk memberikan data ke BPS.

"Data perkebunan yang kita himpun meliputi jumlah perusahaan, produksi, luas lahan, tenaga kerja hingga jenis tanaman yang ditanam," ucapnya. (R07/Mcr)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index