Diikuti 10 Perguruan Tinggi, Peksimida Riau 2018 Resmi Digelar

Diikuti 10 Perguruan Tinggi, Peksimida Riau 2018 Resmi Digelar

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Rektor Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru, Dr Hj Hasnati, SH MH secara resmi membuka pekan seni mahasiswa daerah (Peksimida) Riau Tahun 2018, di Aula Pustaka Unilak, Rabu (5/9/2018). 

Kegiatan ini diikuti oleh sepuluh perguruan tinggi di Riau. 

Hadir dalam acara Peksimida ini,  diamtaranya Ketua BPSMI Dr Syapsan ME, Wakil Rektor I Dr Junaidi, Wakil Rektor II Erminasari STP MSc, Wakil Rektor III Dr Eddy Asnawi, Direktur Pascasarjana Unilak Prof Dr Sudi Fahmi, jajaran dekan,wakil dekan, kepala lembaga, dosen, pimpinan perguruan tinggi, peserta peksimida se Riau.

Peksimida merupakan pekan seni mahasiswa daerah se Riau yang dilaksanakan selama tiga hari, acara pembukaan dilakukan di Unilak dan penutupannya pada Jumat (7/9/2018) di UIR.

Ketua Panitia, Dr Eddy Asnawi menjelaskan, Peksimida ini menjadi ajang silaturahmi sesama mahasiswa se Riau. Adapun tema yang diangkat tahun ini merajut budaya nusantara.  

Tujuan pelaksanaam peksimida yaitu sebagai wadah ektrakurikuler melalui minat bakat mahasiswa dam mengembangkan apresiasi seni untuk memperkaya budaya nusantara.

"Alhamdulillah Unilak baru pertama kali menyelenggarakan Peksimida sebagai tuan rumah, dari jumlah peserta yg mendaftar ada sepuluh perguruan tinggi, dan jumlah mahasiswa ada 130 orang, dengan memperlombakan 15 tangkai cabang. Selamat kepada duta perguruan tinggi yang akan berkompetisi dan bersilaturrahmi, terima kasih kepada tim juri dari profesional dan akan bekerja objektif," ujar Eddy.

Para pemenang Peksimida, nantinya akan diutus dalam Peksiminas yang dilaksanakan pada bulan Oktober di Jogjakarta, nantinya para pemenang akan mewakili Provinsi Riau.

Sementara itu, Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Riau Dr Syapsan ME saat memberikan sambutan menyebutkan, Peksimida yang diadakan dua tahun sekali merupakan wadah untuk meningkatkan prestasi di bidang seni dan meningkatkan silaturahmi antar perguruan tinggi. Sehingga antar sesamanya mampu bertukar pikiran berbagi kemampuan antar peserta.

Ia pun berpesan agar para juri betul-betul memilih pemenang yang terbaik.  

"Karena ini akan dikirim ke nasional dan membawa nama Riau, tidak lagi nama perguruan tinggi," ujarnya.Pembukaan Peksimida ini sendiri berlangsung pukul 10.00 WIB pagi dan dibuka oleh Rektor Unilak.

"Selamat datang kepada seluruh peserta di Unilak. Mudah-mudahan dalam Peksimida ini silaturahmi antara perguruan tinggi dapat bersinergi dan bahu-membahu untuk meningkatkan kualitas mahasiswa," kata Rektor.

"Untuk yang menang selamat. Untuk yang kalah kami turut bangga karena menjadi peserta mewakili perguruan tinggi," pesannya lagi.

Adapun beberapa universitas yang turut serta diantaranya Unilak, UIR, Unri, UMRI, STIKES Hang Tuah dan lain lain. (R06/Mcr)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index