Naik Drastis, UIR Kini Berada di Posisi 123 Peringkat Nasional

Naik Drastis, UIR Kini Berada di Posisi 123 Peringkat Nasional

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Peringkat Universitas Islam Riau (UIR) tahun 2018 ini naik drastis dari tahun 2017 lalu, jika tahun lalu UIR berada diposisi 467, tahun ini naik menjadi  123. 

Hal itu dapat dilihat dari website resmi Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek Dikti Kementerian Riset, Teknokogi dan Pendidikan Tinggi RI.

Jumlah perguruan tinggi yang masuk pemringkatan nasional  di kelembagaan dikti tercatat 2010 PTN dan PTS. Universitas Islam Riau berada pada peringkat ke-123 dalam cluster 3. Dalam proses pemeringkatannya, tahun ini Dikti menetapkan melalui lima komponen, yakni  sumberdaya manusia, kelembagaan, kemahasiswaan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta inovasi. 

Masing-masing komponen diberi skor atau penilaian. Perguruan tinggi yang berada pada peringat 1-25 masuk ke dalam cluster pertama, demikian seterusnya hingga cluster lima.

Keberhasilan UIR menaikkan peringkat tahun ini tentunya tak terlepas dari usaha dan kerja keras Rektor Universitas Islam Riau Prof. Dr. Syafrinaldi bersama Civitas akademika.

"Kebetulan saya sedang acara dengan teman-teman dari LLDIKTI Wilayah X. Dari Staf lembaga itu saya dapat info, bahwa telah terjadi lonjakan peringkat UIR secara drastis dari peringkat 467 di tahun 2017 menjadi 123 di tahun 2018,'' kata Rektor seperti disampaikannya kepada Kabag Humas UIR Dr.  Syafriadi, seperti dalam rilis yang diterima redaksi Sabtu (22/9/2018).

Keberhasilan ini, kata Rektor tak terlepas dari kerja keras semua pihak, mulai dari rektorat hingga dekanat. Pegawai dan juga Mahasisa secara kelembagaan dalam melaksanakan dan mensukseskan tri dharma perguruan tinggi secara bahu membahu.

''Melihat posisi saat ini, saya optimis melalui taqline 'bersama kita bisa', target kita masuk top 100 nasional, insya Allah bisa terwujud tahun depan, paralel dengan terwujudnya visi UIR 2020,"kata Rektor.

Diakui, untuk masuk ke top 100 bukan hal mudah. Selain butuh kerja keras dan kebersamaan dalam mengimplementasikan catur dharma juga perlu penataan administrasi dan manajemen penyelenggaraan pendidikan. 

''Di LLDIKTI Wilayah X yang terdiri dari 250 lebih PTS, baru satu perguruan tinggi yang sukses masuk 100 top nasional, yakni Universitas Bung Hatta Padang. Cluster UIR kini sudah sama dengan Bung Hatta, tinggal memperbaiki peringkat. insya Allah, dengan kerja keras top 100 dapat kita raih,'' ungkapnya. (R06/Mcr)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index