Puncak Ulu Kasok dan Sungai Gulamo Kampar akan Dijadikan Taman Geo Wisata

Senin,22 Oktober 2018 | 08:01:05 WIB
Puncak Ulu Kasok dan Sungai Gulamo Kampar akan Dijadikan Taman Geo Wisata
Ket Foto :

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Destinasi wisata teranyar di Riau, tepatnya di Kabupaten Kampar yakni Puncak Ulu Kasok dan juga Sungai Gulamo tidak hanya menjadi daya tarik bagi wisatawan namun juga para ahli geologi dari Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI).

Dua tempat wisata alam yang berada di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar yang terbentuk secara alami, membuat pihak Pengda IAGI Riau ingin menjadikannya sebagai Taman Geo Wisata Riau.

Hal itu dikatakan Ketua Pengda IAGI Riau, Irdaz Muswar saat menggelar jumpa pers di Hotel Premiere Pekanbaru, Sabtu (20/10/2018). 

"Kita sudah mengunjungi dua tempat wisata alam ini dan membuat para ahli geologi tertarik," ucapnya.

Irdaz menuturkan, jika telah menjadi taman geo wisata, para pengunjung dan wisatawan yang datang ke Puncak Ulu Kasok dan Sungai Gulamo tidak hanya disuguhkan sebuah pemandangan indah semata.

"Tapi, tim dari kita (IAGI) nantinya juga akan memberikan edukasi kepada para pengunjung mengenai asal muasal dan penyebab geologis pada dua tempat wisata tersebut," tuturnya.

"Saat ini, tim ahli geologi dari mahasiswa UIR dan juga IAGI Riau sedang melakukan penelitian di dua lokasi tersebut," sebutnya saat berbincang dengan GoRiau.com.

Masih kata Irdaz, penetapan Puncak Ulu Kasok dan Sungai Gulamo sebagai taman geo wisata sudah dikoordinasikan antara pihak IAGI Riau dan juga Pemkab Kampar. "Kita sudah bertemu dengan Bupati Kampar dan beliau sangat mendukung," imbuhnya.

"Penetapan Puncak Ulu Kasok dan Sungai Gulamo sebagai taman geo wisata Riau akan segera di-launching saat event tahunan pertemuan ahli geologi di Kota Pekanbaru, tanggal 29 Oktober hingga 1 November 2018 mendatang," tukasnya.

Puncak Ulu Kasok mulai dikenal pada pertengahan tahun 2017 silam, yang seketika booming setelah foto pemandang dari puncak bukit di Jalan Lintas Sumbar-Riau itu tersebar di media sosial dan menjadi salah satu destinasi wisata di Riau yang banyak dikunjungi.

Adanya pulau-pulau kecil di tengah-tengah Sungai Kampar yang tampak indah dari Puncak Ulu Kasok membuat banyak orang menyebutnya sebagai 'Raja Ampat' Riau.

Sedangkan Sungai Gulamo juga mendapat julukan tersendiri dari para pengunjung, yakni 'Green Canyon' Riau. Munclnya julukan ini, karena pemandangan tebing-tebing di sepanjang sungai tampak seperti tebing yang terdapat di Green Canyon, Amerika. (R10/Mcr)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS