Jabat Ketua DPRD Riau

Suparman Usung Nama Sulastri

Suparman Usung Nama Sulastri

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Kursi Ketua DPRD Riau yang ditinggalkan Suparman mulai diperbincangkan. Posisi strategis sebagai pimpinan di DPRD Riau itu akan diperebutkan oleh kader-kader Golkar yang duduk di Fraksi Golkar DPRD Riau dalam waktu dekat.

Ya, Golkar memang berhak memveto posisi Ketua DPRD pengganti Suparman karena memang memiliki perolehan suara terbanyak di kursi legislatif tingkat provinsi Riau itu. Hanya saja, tentang nama siapa kader Golkar yang akan duduk mengganti Suparman, masih diperdebatkan.

Suparman dalam beberapa kesempatan selalu menyebut nama Sulastri. Selain masih relatif muda, Sulastri juga dinilai enerjik untuk mengemban tugas-tugas kedewanan.''Kalau menggantikan saya, paslah,'' ungkap dia.

''Tapi itu kan penilaian saya pribadi, namun  yang lebih berhak melakukan penilaian siapa yang pantas menjadi ketua tentulah partai," ujarnya.

Selain nama Sulastri, diakui Suparman, juga ada beberapa nama kader Golkar yang layak menggantikannya. ''Soal kelayakan, ya layak saja, tapi silahkan koordinasi ke partai saja,'' ungkapnya.

Beberapa nama, seperti Sumiyati, Masnur, memang sempat muncul belakangan terkait penunjukan kader pengganti Suparman. Sumi yang sudah duduk dua periode sebagai anggota DPRD Riau menyebutkan kalau alasan yang disampaikan Suparman sah-sah saja untuk diungkapkan. Karena, dia adalah Ketua DPRD dan itu pendapat pribadinya. ''Itu hak politik beliau sebagai ketua. Disamping itu, siapapun bisa saja dan punya kesempatan yang sama juga untuk menduduki jabatan politik tersebut,'' ungkap Sumi.

Kalaupun itu diserahkan kepadanya, Sumi mengaku kalau dia pun siap bila itu diamanahkan. ''Kalau diberi amanah, tentu kapanpun saya juga siap,'' ungkap dia.
Apakah akan melakukan loby-loby kepada pimpinan partai, Sumi menjelaskan hal tersebut diserahkan pada mekanisme partai. ''Saya pikir partai lebih tahu siapa kader yang pantas untuk menjadi pimpinan. Pasti sudah ada standard dan kriteria kemampuan dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk mengemban tugas partai,'' ungkapnya.(R03)


 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index