Plt Gubri Hadiri Penabalan Adat Datuk Seri Pujangga Utama

Plt Gubri Hadiri Penabalan Adat Datuk Seri Pujangga Utama

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau yang juga sebagai Datuk Seri Timbalan Setia Amanah Wan Thamrin Hasyim menghadiri acara penabalan gelar kehormatan adat kepada presiden penyair Sutardji Calzoum Bachri (SCB) oleh Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) sebagai Datuk Seri Pujangga Utama, di Balai Adat Melayu Riau jalan Diponegoro Pekanbaru, Rabu (7/11).

Dalam sambutannya Plt Gubernur Riau mengatakan, penabalan adat ini patut kita sematkan kepada presiden penyair Sutardji Calzoum Bachri (SCB) sebagai Datuk Seri Pujangga Utama melihat karya, syair,sajak dan masih banyakagi karyanya.

"Penabalan ini patut kita sematkan melihat apa yang telah dicapai, ia tak hanya dikenal di Indonesia tapi juga di mancanegara terkait sayir syairnya dan jug beliau penyair pembaharu, tonggak kebanggaan para pujangga," ungkapnya.

Kemudian Ia juga mengapresiasi LAM Riau yang telah menggelar acara penabalan adat ini, dengan harapan dimasa yang akan datang muncul penyair penyair baru dari bumi lancang kuning Provinsi Riau.

"Kami sangat mengapresiasi acara dari LAm Riau ini, sehingga kita berharap dengan adanya penabalan adat ini akan muncul Sutardji-Sutardji baru dan penyair penyair baru dari bumi lancang kuning ini," tutupnya.

Prosesi penabalan diawali dengan pembacaan ikhtisar riwayat hidup sastrawan kelahiran Rengat, Indragiri Hulu ini serta musyawarah Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR tentang pemberian gelar kehormatan kepada SCB.

Puncak acara penabalan ini pun diiringi pembacaan warkah penabalan sembari memasangkan tanjak dan selempang yang dilakukan oleh Ketua Umum MKA LAMR, Datuk Seri Al Azhar kepada SCB yang telah resmi dinobatkan sebagai Datuk Seri Pujangga Utama. (R04/Mcr)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index