Pemkab Inhil Terima Bantuan 10 Unit Ambulan Air dari Pemprov Riau

Pemkab Inhil Terima Bantuan 10 Unit Ambulan Air dari Pemprov Riau

TEMBILAHAN (RIAUSKY.COM) - Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melalui Dinas Kesehatan (Diskes) mendapat bantuan sebanyak 10 unit Ambulans Air.

Bantuan yang diperuntukan bagi sejumlah Puskesmas Pembantu (Pustu) di Negeri Seribu Parit ini, rencananya akan diserahkan kepada masing-masing penerima pada Senin (12/11/2018) lusa.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Inhil, Zainal Arifin menjelaskan, Ambulans Air tersebut akan dioperasikan oleh Pustu, untuk mengangkut pasien menuju Puskesmas.

"Jadi, ambulans ini akan melintasi sungai dan kanal membawa pasien dari Puskesmas Pembantu menuju Puskesmas di masing-masing Kecamatan," ujarnya di Tembilahan, Sabtu (10/11/2018).

Sumber dana pengadaan 10 unit Ambulans Air tersebut, lanjut mantan Direktur RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru ini, berasal dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau yang ditransfer ke Kabupaten Inhil melalui Diskes.

Sebelumnya, telah dilakukan pengecekan terhadap bantuan tersebut, yang dilakukan langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tembilahan, Susilo didampingi Kepala Seksi (Kasi) Intel, Andi Sitepu selaku Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) pada Jumat (9/11/2018) kemarin.

Saat itu, Susilo menyatakan bahwa kehadiran TP4D merupakan tugas yang diberikan negara agar ikut menyukseskan pembangunan dengan bersama-sama meneliti dan mengawasi pekerjaan.

"Sebelum dilakukan PHO (Provisional Hand Over) ambulans air ini, kita mengecek kualitas dan kuantitas. Ini ada 10 jumlahnya, kita ukur sesuai dengan RAB (Rencana Anggaran Biaya) yang ada, secara kuantitas sejauh ini sama. Tinggal kita menunggu lagi secara kualitas, mesinnya itu," terangnya.

Lebih jauh dikatakan Susilo, dari hasil pemeriksaan sejauh ini, secara keseluruhan spesifikasi 10 unit ambulans air telah sesuai, termasuk persoalan mesin.

"Sudah kita ukur, kasat mata semua sudah sesuai. Masalah mesin tenaganya sudah sama, tapi saya minta surat keterangannya dari perusahaan produsen mesinnya," tambahnya.

Kemudian, Susilo berpesan kepada Tim PHO agar melaksanakan pekerjaan sesuai prosedur dan sesuai dengan RAB juga spesifikasi. 

"Diukur betul, jangan sampai melenceng dari spesifikasi, RAB," tukasnya.

Untuk diketahui, 10 ambulans air ini akan diserahkan kepada Puskesmas dari masing-masing Kecamatan, yang mewakili Pustu. Adapun Puskesmas yang akan menerima secara simbolis bantuan ambulans air tersebut, yakni Puskesmas Pelangiran, Puskesmas Sungai Iliran, Puskesmas Teluk Pinang, Puskesmas Sapat, Puskesmas Khairiah Mandah, Puskesmas Tanah Merah, Puskesmas Kuala Enok, Puskesmas Bekawan, Puskesmas Enok dan Pustu Simbar. (R17/Mcr)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index