22 Tahun Mengabdi, Bidan Ini Pernah Seberangi Sungai Tangani Kambing Melahirkan, Juga Persalinan Orang Gila

22 Tahun Mengabdi, Bidan Ini Pernah Seberangi Sungai Tangani Kambing Melahirkan, Juga Persalinan Orang Gila
Bidan Nuraini Dewi Lestari menerima penghargaan dari Wakil Bupati Inhu,Khairizal.

RENGAT (RIAUSKY.COM)- Nuraini Dewi Lestari namanya. Dia adalah bidan desa  di Puskesmas Lubuk Kandis, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu.

Pada momen Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-54 ini, dia  mendapat penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Inhu yang diserahkan oleh Wakil Bupati Inhu, Khairizal atas pengabdiannya selama hampir 22 tahun di Kabupaten Inhu.

Nuraini mengaku senang atas penghargaan itu. Meski ini sudah menjadi penghargaan yang ketiga baginya selama bertugas sebagai bidan desa di Kecamatan Batang Cenaku.

Namun tahun ini ada yang spesial bagi Nuraini, pasalnya ia menjadi juara tiga di tingkat Provinsi Riau.

Saat diwawancarai, Nuraini mengisahkan sejumlah pengalaman pribadinya selama menjadi bidan.

Dirinya mengingat jelas saat pertama kali bertugas di Kecamatan Batang Cenaku, tepatnya di Desa Anak Talang pada tahun 1996 lalu, ketika itu infrastruktur tidak sebaik saat ini.

"Kalau banjir kita harus berenang, karena tidak ada jembatan ketika itu," kata Nuraini, Senin (12/11/2018).

Selain itu, dirinya juga pernah bertugas menolong orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) untuk melahirkan yang tentunya memberinya pengalaman yang unik.

Bahkan Nuraini tak sungkan melepas tawanya, saat mengatakan bahwa ia pernah menolong kambing melahirkan.

"Saya merasa lucu kalau mengingat itu," kata Nuraini.

Semua itu ditulisnya di dalam sebuah otobiografi. Kemudian diserahkan kepada panitia.

Pada momen HKN ini Pemkab Inhu menyerahkan penghargaan tenaga kesehatan teladan kepada lima bidan dan empat orang tenaga kesehatan lainnya, bantuan Rumah Tidak Layak Huni dan sarana lingkungan dari Kemensos RI serta penghargaan bagi pemenang lomba Tanaman Obat Keluarga (TOGA) tingkat Kabupaten Inhu tahun 2018.

Selain itu, Wakil Bupati Inhu, Khairizal juga membacakan membacakan sambutan Menteri Sosial dan Menteri Kesehatan RI.

Sesuai dengan tema peringatan Hari Pahlawan “Semangat Pahlawan Didadaku”, Wabup Khairizal mengharapkan agar momentum peringatan Hari Pahlawan ini hendaknya dapat melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan.

“Marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Mulai dari yang dapat kita lakukan, mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara,” tambah Wabup.(*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index