Wabup Meranti Canangkan GERMAS Tahun 2018

Wabup Meranti Canangkan GERMAS Tahun 2018

SELATPANJANG (RIAUSKY.COM) - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Tahun 2018. 

Wabup mengajak masyarakat untuk berprilaku sehat yang ditandai dengan pembubuhan Cap Tangan dan Cuci Tangan Massal di halaman Kantor Bupati, Rabu 14 November 2018.Turut hadir Ketua DPRD Fauzi Hasan, Kajari Budi Rahardjo, Ketua BKMT Syamsidar, para Asisten dan Staf Ahli, Kadis Kesehatan, Ruswita dan para Kepala OPD, Kabag Humas dan Protokol Hery Saputra, Camat Tebing Tinggi, Helfandi beserta Kades, para pendidik dan murid PAUD.

Pencanangan Gerakan Hidup Bersih Tahun 2018 di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti, ditandai dengan pembubuhan Cap Tangan oleh Wakil Bupati dan Ketua DPRD di ikuti oleh Forkopimda dan pejabat eselon II, dilanjutkan dengan Cuci Tangan Massal pakai sabun dan pelepasan balon ke udara serta pemotongan tumpeng oleh Ketua BKMT Meranti, Syamsidar disaksikan seluruh hadirin.

Usai melakukan pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Wakil Bupati Kepulauan Meranti Said Hasyim, menghimbau seluruh masyarakat terutama anak anak dan remaja, untuk menjalankan prilaku hidup bersih yang dimulai dari diri sendiri.

"Mari kita budayakan berprilaku hidup bersih yang dimulai dengan menjaga diri dan keluarga untuk sehat," ajak Wakil Bupati.

Menurutnya lagi, membudayakan hidup sehat tak cukup hanya menjaga diri tetap sehat tapi juga menjaga diri dari pergaulan yang tidak sehat, dan selalu memakan makanan sehat.

"Untuk hidup sehat, kita juga perlu menjaga pergaulan yang sehat, makan makanan yang sehat, dan saya minta kepada para pendidik untuk mengawasi jajanan yang dijual di sekolah, jangan sampai makanan yang dijual tidak higienis mengandung pengawet dan perwarna yang tidak dibenarkan," ujar Wakil Bupati.

Imbauan prilaku hidup sehat juga disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Meranti dr. Ruswita, menurutnya kurangnya kesadaran dan kemauan masyarakat terhadap pentingnya hidup sehat merupakan faktor utama tingginya resiko terserang penyakit pada masyarakat itu sendiri. Baik penyakit menular maupun tidak menular. 

Untuk itu perlu dilaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) guna mewujudkan Kepulauan Meranti yang sehat.Germas merupakan gerakan yang mengedepankan upaya promotif dan preventif tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan semua komponen masyarakat mewujudkan hidup sehat. (R16/Mcr)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index