Pekanbaru Juara Umum MTQ Provinsi Ke-37 Tahun 2018

Pekanbaru Juara Umum MTQ Provinsi Ke-37 Tahun 2018
Sekdaprov Riau Ahmad Jihazi menyerahkan tropi juara umum kepada Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi. Foto; cakaplah

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Kota Pekanbaru berhasil tampil sebagai juara umum pada helat Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 37 tingkat Provinsi Riau tahun 2018 yang ditutup malam tadi.

Pekanbaru berhasil tampil sebagai juara umum setelah unggul dari seluruh daerah yang mengirimkan kafilah untuk lomba yang diikuti 609 peserta itu. 

Dengan keberhasilan ini pula, Pekanbaru berhak menyimpan piala tetap Gubernur Riau untuk MTQ karena ini berarti untuk ketiga kalinya secara berturut-turut Pekanbaru berhasil meraih gelar juara umum.

Penyerahan piala untuk juara umum dilakukan langsung oleh Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi kepada Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi dalam seremonio penutupan yang dilaksanakan Selasa (18/12/2018) malam tadi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Ahmad Hijazi mewakili gubenur Riau secara resmi menutup MTQ ke 37 tahun ini. 

Hijazi menyamnpaikan ucapan selamat kepada Kafilah Kota Pekanbaru yang berhasil mempertahankan gelar juara umum. 

Namun begitu, dia menjelaskan bahwa MTQ bukan sebatas lomba, namun juga merupakan upaya untuk lebih mensyiarkan Islam. Menjadikan Islam sebagai simbol persatuan umat, khususnya di bumi melayu. 

Bagi pemerintah, melakukan pembinaan terhadap para qori, qoriah, lewat berbagai jenis lomba yang dipertandingkan juga menjadi sebuah komitmen untuk tetap menjaga nilai-nilai keislaman di tengah masyarakat, khususnya di Provinsi Riau. 

Hijazi pun berharap ke depan, pelaksanaan MTQ bisa terus disempurnakan, menjadi lebih baik dan mampu lebih membumikan Islam di mubi melayu. 

''Malam ini, kita ucapkan selamat untuk mereka yang menjadi juara. Yang belum juara untuk lebih berupaya lebih baik lagi. Dengan mengucapkan Alhamdulillah, MTQ Ke-37 tahun 2018 ini kami nyatakan ditutup,'' ungkap Hijazi.

Pada perhelatan MTQ ke 37 tingkat provinsi Riau tahun ini, dewan hakim menetapkan pemenang terbaik satu diraih oleh Kota Pekanbaru dengan perolehan nilai sebanyak 82 poin.


Disusul Rokan Hilir 63 poin, Siak 54 poin, Bengkalis 47 poin, Kampar 41 poin, Pelalawan 33 poin, Rokan Hulu 24 poin, Indragiri Hilir 16 poin dan Dumai meraih 14 poin.


Sedangkan untuk Kabupaten Indragiri Hulu dan Kuansing dewan hakim tidak dibacakan jumlah poinnya.

Di mana peserta mengikuti 54 nomor pertandingan. Para peserta memperlombakan 24 golongan dari tujuh cabang. Antara lain, cabang tilawah, hifzil quran, sarhil quran, fahmil quran, tafsir quran, khat alquran, dan Musabaqah Makalah Quran.(CR1)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index