Catur Sugeng: Tetap Berpegang Teguh Pada Tali Bapilin Tigo, Tigo Tungku Sajorangan

Catur Sugeng: Tetap Berpegang Teguh Pada Tali Bapilin Tigo, Tigo Tungku Sajorangan

TAPUNG (RIAUSKY.COM) - Rasa senang dan bahagia berada di tengah orang tua kami, Ninik mamak dan para pemangku adat yang ada di Kenagarian Tapung..

Tigo tungku sajorangan masih kita pegang erat, tali bapilin tigo, artinya Pemerintah, ulama dan tokoh adat tetap kuat dipegang teguh oleh Masyarakat" Kata Catur Sugeng Susanto.

Demikian disampaikan oleh Plt. Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto saat menghadiri Silaturrahmi Masyarakat Sungai Tapung (SMST) Ke III dan pengukuhan lembaga Adat Kenegarian Tapung (LAKTA)  yang diadakan di Desa Desa Sei Kijang Kecamatan Tapung Hilir pada Sabtu, 19/01/19.

"Kucinya adalah silaturrahmi yang erat, berangkat dari semua dapat kita raih, sinergitas Seluruh komponen masyarakat" Tambahnya lagi.

Ditambahkan Catur Sugeng Kita memiliki SDM dan SDA yang melimpah bak kata orang Negeri yang kaya diatas minyak dibawah minyak, namun kita akui pembangunan masih belum dapat menjangkau semua daerah masih ada kekurangan-kekurangan, oleh sebab itu do'akan kami agar tetap konsisten dan amanah" pintanya lagi.

Atas aspirasi pembangunan yang disampaikanmasyarakat kita akan menjadi pertimbangan yang prioritas bagi Pemkab Kampar, untuk itu bantu Pemkab Kampar dan sebagai Plt dapat bekerja sesuai dengan amanah yang mengayomi seluruh masyarakat.

Pada kesempatan tersebut Plt. Bupati Kampar meminta camat dan pak Kades untuk dapat mendata pembangunan yang prioritas bagi desa dan kecamatan ini, terutama jalan yang menjadi prioritas" kata Catur lagi.

Sementara  itu Plh. Gubernur Riau Ahmad Hijazi dalam sambutannya mengatakan ucapan selamat yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, kita tetap berpijak pada nilai adat, potensi dan kekayaan masa lalu dan ini harapan kita kepada generasi sekarang. Revitalisasi menjadi sebuah model dan dapat di contoh bagi daerah lain.

Kita yakin kelembagaan resmi ini agar dapat menerangkan fungsi tigo tungku sajorangan, tali bapilin tigo sinergitas ini yang akan dapat memajukan masyarakat" Tambahnya lagi.

Pemerintah terus akan mendukung terhadap kelestarian adat bagaimana kita dapat berperan aktif dalam pembangunan, ini akan menjadi motivasi bagi kita untuk bangkinya Tapung dimasa yang akan datang" Tutup Hijazi

Sementara itu Wakil Gubernur Riau terpilih 2019-2024 Edi Natar Nasution dalam sambutannya menyampaikan mohon doa dan dukungan dalam menjalani aktifitas pemerintahan, Mari kita tetap Riau yang lebih baik.

Berkaitan dengan LAKTA ini merupakan wadah yang efektif dalam pembinaan terhadap adat istiadat serta sebagai wadah berkumpulnya anak kemanakan. Dapat memberikan perubahan bagi dan mempermudah dalam pererat komunikasi dalam tali bapilin tigo,tigo tungku sajorangan" Kata Wakil Gubernur yang insyaallah akan dilantik ini.

Kegiatan yang diawali oleh sambutan rombongan dengan silat, serta pidato oleh Ketua panitia Ahmad Fikri, Ketua Ikatan Keluarga Sungai Tapung (IKST) Safaat dan diakhiri dengan pengukuhan Lembaga Adat Kenegarian Tapung (LAKTA) oleh Gubernur Riau yang diwakili oleh Sekda Riau Achmad Hijazi.

Hadir pada kesempatan tersebut  Wakil Gubernur Riau Terpilih Adi Natar Nasution, Plh. Gubernur Riau Hijazi, Plt. Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, Sekda Kampar  Drs. Yusri, M.Si, Para datuk dan Ninik mamak se Kenegarian Tapung, LAM Riau Tarlaili, LAK Kampar dt Sartunis, Sahidin Anggota DPRD Kampar, Anggota DPRD Provinsi Riau Masnur. Kapolres Kampar Andri Ananta Yudhistira, Para Kepala, Camat Tapung Hilir Yuricho Efril. LAK Pelalawan Zulmizan, Ahmadsyah Harrofie Asisten Pemerintahan Setdaprov Riau.

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan Jalan sebagaimana yang disampaikan oleh masyarakat, plt. menyikapinya dengan peninjauan terhadap jalan yang diharapkan dapat menjadi prioritas pada tahun ini. (R10)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index