WASPADA... Tuberkulosis Penyakit Menular Tertinggi di Rohul

WASPADA... Tuberkulosis Penyakit Menular Tertinggi di Rohul
Kabid Pencegahan,Pengendalian Penyakit Diskes Rohul,dr Darmadi Lubis.

PASIR PENGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Tuberkulosis adalah suatu penyakit infeksi menular yang disebabkan bakteri Mycobacterium tuberculosis,yang dapat menyerang berbagai organ terutama paru-paru.

Penyakit Tuberkulosis (TB) saat ini merupakan penyakit menular tertinggi yang dialami oleh masyarakat Rokan Hulu.
 
Masih tingginya penyakit menular tuberkulosis yang diderita oleh masyarakat di Kabupaten Rokan Hulu dapat dilihat dari penanganan kasus atau penyakit yang dilakukan oleh petugas medis di 16 kecamatan se Rokan Hulu yaitu di 21 Puskesmas dan di Rumah Sakit di Rokan Hulu.

Penjelasan tentang tingginya penyakit menular Tuberkulosis (TB) hingga triwulan IV 2018 di Rokan Hulu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Rokan Hulu dr Bambang Triono melalui Kabid Pencegahan, Pengendalian Penyakit dr Darmadi Lubis kepada Riausky.com, Senin (21/01) terkait dengan penangan penyakit menular yang dilakukan petugas medis di Rokan Hulu.

"Tingginya angka pengidap penyakit tuberkulosis di suatu Puskesmas, menunjukan petugas medis berhasil memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Itu merupakan prestasi. Makin banyak ditemukan masyarakat penderita TB, maka akan bisa diberikan pelayanan kesehatan," papar dr Darmadi menjelaskan.

Dari data yang dirangkum Riausky.com di Kantor Dinas Kesehatan Rokan Hulu, masyarakat di Kecamatan Ujungbatu merupakan terbanyak penderita TB pada triwulan IV tahun 2018 dengan jumlah 85 orang. 

Sementara Pemerintah telah menargetkan mesti ditemukannya penderita TB sebanyak 194 orang berdasarkan jumlah penduduk mencapai 66.698 jiwa.

Sementara pada posisi kedua, masyarakat Rokan Hulu yang banyak menderita penyakit menular TB yaitu masyarakat di Kecamatan Tambusai Utara berdasarkan laporan dari petugas medis dari Puskesmas Tambusai Utara I. Jumlah mereka penderita TB mencapai 67 orang. 

Pemerintah sudah menetapkan target penangannya sebanyak 198 berdasarkan jumlah penduduk sebanyak 68.027 jiwa.

Kepala Bidang Pencegahan,Pengendalian Penyakit dr Darmadi Lubis mengingatkan kepada petugas medis baik itu di Puskesmas dan rumah sakit di Rokan Hulu untuk tetap melakukan upaya jemput bola dalam mencari dan memberikan pelayanan kepada penderita Tuberkulosis di Rokan Hulu. (R19)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index