Syamsuar Tak Kunjung Dilantik Jadi Ketua DPW, Ini Jawaban PAN Riau

Senin,11 Februari 2019 | 16:06:54 WIB
Syamsuar Tak Kunjung Dilantik Jadi Ketua DPW, Ini Jawaban PAN Riau
Ket Foto :

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Hingga pelantikan Syamsuar menjadi Gubernur Riau terpilih pada 19 Februari mendatang, mantan Bupati Siak itu belum juga dilantik menjadi Ketua DPW PAN Riau.

Menurut Sekretaris Wilayah DPW PAN Riau, Tengku Zulmizan, perihal pelantikan Syamsuar menjadi Ketua DPW PAN Riau merupakan kewenangan pimpinan PAN di Jakarta. 

"Urusan Jakarta (DPP) PAN kalau soal begituan. Mungkin tengah mencari waktu yang pas," sebutnya Senin (11/02) seperti dikutip dari Gatra.com.

Ada pun PAN merupakan partai dengan kursi terbanyak (7 kursi) dalam struktur koalisi Syamsuar-Edy Natar. Kata Zulmizan saat penjaringan Syamsuar sebagai calon Gubenur Riau ada pesyaratan utama yang mesti dituruti Syamsuar, yakni menjadi anggota PAN.

"Prinsip utama pada pemilihan gubernur lalu adalah PAN harus mendukung kader partai, Pak Syamsuar juga sudah diberikan KTA (kartu tanda anggota) kok," sambungnya.

Belum jadinya pelantikan Syamsuar sebagai Ketua DPW PAN Riau, membuat isu kepulangan Syamsuar ke Partai Golkar kembali mengemuka.

Sebagai informasi, sebelum bergabung dengan PAN, Syamsuar merupakan salah satu kader senior Partai Golkar di Riau. Partai Beringin pun berjasa mengantarkan Syamsuar menjabat Bupati Kabupaten Siak.

Terpisah, pengamat politik dari Universitas Riau, Tito Handoko, mengatakan status Syamsuar sebagai penguasa di Riau bakal menciptakan godaan bagi partai politik. 

Godaan tersebut bisa saja berupa penjajakan untuk perangkulan. Kata Tito, Golkar merupakan partai yang paling memungkinkan untuk melakukan hal itu.

"Upaya PAN untuk tetap menaungi Syamsuar bakal dihadapkan dengan manuver Golkar menarik kembali Syamsuar. Sebab, kecenderungan Golkar yang identik dengan kekuasaan membuat partai tersebut memiliki opsi untuk itu," tukasnya. (R06)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS