PDIP Tersinggung Omongan Sekjen PSI Soal Ahok, Masinton: Suruh Belajar Cara Lolos Parlemen, Kelola Partai

PDIP Tersinggung Omongan Sekjen PSI Soal Ahok, Masinton: Suruh Belajar Cara Lolos Parlemen, Kelola Partai
Masinton Pasaribu

RIAUSKY.COM - Para politisi di Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebaiknya menjaga tutur kata dan fokus lolos masuk Senayan.

Imbauan politisi PDI Perjuangan, Masinton Pasaribu ini menanggapi komentar Sekjen PSI, Raja Juli Antoni soal bergabungnya Basuki Tjahaja Purnama Alias Ahok ke PDIP.

Raja Juli berharap Ahok bisa menularkan spirit bersih, transparan, dan profesional ke partai pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut. 

"Itu kan pendapat dia," cetus Masinton seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (12/1).

Masinton menyarankan PSI tidak usah terlalu mencampuri partai lain. 

"Suruh saja belajar cara meraih suara, bagaimana lolos parlemen, dan tahu bagaimana cara mengelola partai," tukasnya.

Sementara itu terkait pernyataan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie yang berharap Basuki T. Purnama (Ahok) bisa menularkan spirit bersih, transparan dan profesional kepada PDIP, dinilai tidak pantas.

Omongan ketum PSI bisa menyinggung perasaan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dam keluarga besar PDIP.

Menurut pengamat politik, Ujang Komarudin, spirit bersih, transparan dan profesional yang bisa ditularkan Ahok setelah resmi gabung PDIP hanyalah pendapat pribadi Grace.

Sebab menurut Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) ini, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut sebenarnya juga berpotensi tersangkut kasus korupsi.

"Kalau mau dicari kasusnya Ahok pasti ada lah. Manusia tidak ada yang bersih," kata Ujang Komarudin saat berbincang seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (12/2).

Di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), setidaknya ada tiga kasus dugaan korupsi yang diduga melibatkan Ahok. Diantaranya dugaan korupsi pembelian lahan RS Sumber Waras, lahan Cengkareng dan kasus reklamasi pantai bagian Utara Jakarta.

Maka dari itu, lanjut Ujang Komarudin, sikap Grace yang secara tidak langsung menyatakan kalau PDIP tidak bersih, transparan dan profesional itu bisa menyinggung perasaan.

"Tak baik menyinggung-menyinggung partai lain. Lebih baik urus partai sendiri. PDIP partai besar, mereka sudah paham apa yang harus mereka lakukan," ujarnya.

Semua pengurus PSI sebaiknya untuk tidak mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang kontroversial. Sebab jika itu dilanjutkan, maka diyakininya PSI tidak akan mampu mencapai parliementary tresshold (PT) sebesar 4 persen.

"(Karena PSI) sulit untuk lolos. Berdasarkan beberapa lembaga survei, PSI sulit lolos ke Senayan. Bahkan pengurus dan calegnya di daerah ada yang ramai-ramai mundur," tutup Ujang Komarudin. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index