Data Bank Dunia, Prabowo Benar Soal Harga Beras dan Daging di Indonesia Memang Termasuk Termahal di Dunia

Data Bank Dunia, Prabowo Benar  Soal Harga Beras dan Daging di Indonesia Memang Termasuk Termahal di Dunia

RIAUSKY.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi pernyataan calon presiden Prabowo Subianto yang mengatakan harga daging di Indonesia termasuk termahal di dunia. Jokowi mengatakan hal sebaliknya.

"Coba dicek, di seluruh dunia, itu harga (daging dan beras) kita di seluruh dunia ada pada posisi yang seperti apa. Kita ini termasuk memiliki harga yang termurah di dunia. Baik itu yang namanya beras maupun yang namanya daging," kata Jokowi ditemui wartawan di lokasi Sidang Tanwir Muhammadiyah di halaman Rumah Dinas Gubernur Bengkulu, Jumat (15/2/2019) seperti dilansir Detik.com.

Jokowi mengatakan Indonesia hanya kalah oleh beberapa negara di Asia. "Kita itu mungkin hanya kalah murahnya jika dibandingkan dengan 1, 2, 3, 4, 5, 6 negara. Sri Lanka kita kalah murah, Bangladesh kita kalah murah. Kemudian mana lagi? Vietnam kita kalah. Tapi untuk yang lain-lain kita masih lebih murah," kata Jokowi.

Dia pun mengatakan harga daging juga bergantung pada jenisnya sehingga mahal atau tidaknya harga daging bergantung pada pilihan warga yang mau mengkonsumsi.

"Ada yang Rp 80 ribu ada. Ada yang Rp 120 ribu ada. Yang wagyu Rp 500 ribu juga ada," katanya.

Jokowi juga tidak ingin menyatakan benar atau tidak apa yang disampaikan rivalnya itu di Pilpres 2019. Namun dia menegaskan agar pihak lain melakukan pengecekan ulang terhadap harga daging di Indonesia.

"Ya coba dicek sendiri," jawab Jokowi.

Prabowo sebelumnya menyebut harga beras, daging sapi, dan daging ayam di Indonesia menjadi salah satu yang tertinggi di dunia. Ia pun berjanji memperbaiki kondisi tersebut dengan segera.

"Beras di Indonesia jadi salah satu tertinggi di dunia, demikian juga harga daging, tertinggi di dunia. Daging ayam tertinggi di dunia. Salah satu yang tertinggi di dunia. Perjuangan kami adalah untuk kita perbaiki keadaan ini dengan segera," kata Prabowo di Blora, Jawa Tengah.    

Nah, untuk menguji pernyataan Prabowo, sepert dilansir kumparan.com mengutip data Bank Dunia dari www.worldbank.org dan Informasi Pangan Jakarta (infopangan.jakarta.go.id).

Berdasarkan data Bank Dunia per Januari 2019, rata-rata harga beras Thailand dari kualitas rendah hingga premium berkisar antara USD 387-410 per ton alias Rp 5.418-5.740 per kg (asumsi kurs dolar AS Rp 14.000).
 
Sedangkan di Indonesia, menurut data dari Informasi Pangan Jakarta, rata-rata harga beras dari kualitas rendah hingga premium berkisar antara Rp 9.473-11.698 per kg.

Kemudian rata-rata harga daging sapi di dunia USD 4,24 per kg alias Rp 59.360 per kg. Di Indonesia, rata-rata harga daging sapi Rp 113.968-122.906 per kg.

Sedangkan rata-rata harga daging ayam ras di dunia USD 2,15 per kg atau Rp 30.100 per kg. Di Indonesia, rata-rata harga daging ayam ras Rp 34.568 per ekor.

Berdasarkan data-data tersebut, harga beras dan daging sapi di Indonesia jauh di atas rata-rata harga di negara lain. (R01)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index