Kebakaran Lahan di Dumai Hanya Berjarak 2 Kilometer dari Bandara Medang Kampai

Kebakaran Lahan di Dumai Hanya Berjarak 2 Kilometer dari Bandara Medang Kampai
Upaya pemadaman kebakaran lahan di Dumai.

DUMAI (RIAUSKY.COM)- Tim gabungan di Kota Dumai bergerak cepat menanggulangi Kebakaran hutan dan lahan yang muncul di Kelurahan Bukit Batrem Kota Dumai seluas sekitar 2 hektare mulai mendekati areal Bandara Pinang Kampai.

Jarak antara lokasi kebakaran lahan dengan bandara diperkirakan hanya berkisar beberapa kilometer saja, sehingga, tutupan asap di kawasan gambut yang terbakar ikut berkontribusi  bagi terbatasnya jarak pandang di sekitar kawasan tersebut.

''Memang tidak sampai mengganggu jarak pandang di lintasan bandara. Tapi, di sekitarnya. Karena itulah, petugas kita turunkan untuk melakukan pemadaman,'' ungkap  Koordinator Satuan Pelaksana Bandara Pinang Kampai Dinas Perhubungan Dumai, Irvan.

"Tadi sudah ditanggulangi petugas, dan kebakaran lahan sekitar dua kilometer dari bandara, asap tidak mengarah ke bandara, jadi nya aktivitas penerbangan tidak terganggu," kata Irvan.


Sementara, Komandan Sub Satuan Tugas Karhutla Dumai Letkol Inf Horas Sitinjak mengatakan, areal terbakar itu merupakan lahan konsesi PT Chevron, dan tim gabungan Manggala Agni dibantu TNI Polri serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Dumai terus bekerja memadamkan api.

Kawasan lahan terbakar terletak di Kecamatan Dumai Timur tepatnya di jalan Soekarno Hatta ini dketahui mulai berkobar api sekitar pukul 11.30 Wib, dan penyebab terbakar belum diketahui.

"Untuk penyebab belum diketahui, yang jelas tim satgas karhutla terus berupaya melakukan pemadaman api d lahan itu," kata Letkol Horas Sitinjak kepada pers.

Komandan Kodim 0320 Dumai ini menambahkan, dukungan pemadaman karhutla ini dikerahkan beberapa unit mobil damkar dari PT Chevron, PT Pertamina dan BPBD Kota Dumai di lokasi lahan terbakar.

"Tim gabungan masih berusaha memadamkan kobaran api yang membakar wilayah ini," kata Dandim Horas Sitinjak.

Asap dampak kebakaran hutan lahan menyelimuti kawasan ini terpantau sempat membatasi jarak pandang pengendara kendaraan roda dua dan empat di Jalan Soekarno Hatta sebagai jalan lintas Duri-Dumai dengan jarak pandang sekitar dibawah 50 meter.(R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index