Keren! Juara Kontes Robot di Amerika, Tiga Mahasiswa UMM Ini Dibebaskan dari Kewajiban Buat Skripsi

Keren! Juara Kontes Robot di Amerika, Tiga Mahasiswa UMM Ini Dibebaskan dari Kewajiban Buat Skripsi
Robot-robot kreasi mahasiswa UMM yang menyabet gelar di ajang Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest (TCFFHRC). (Humas Universitas Muhammadiyah Malang for JawaPos.com)

RIAUSKY.COM - Tim Robotik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil menyabet beberapa juara dalam ajang Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest (TCFFHRC) di Trinity College Hartford Connecticut, Amerika Serikat, 13-15 April lalu. Antara lain juara pertama dan kedua untuk kategori robot pemadam api berkaki dan juara dua untuk kategori robot pemadam api beroda.

Tim robotik yang terdiri atas Alfan Achmadillah Fauzi, Rohmansyah, Ken Dedes Maria Khunty ini sebelumnya ditunjuk menjadi perwakilan Indonesia. Sebab, mereka merupakan juara nasional berdasarkan surat penugasan Ditjen Belmawa Kemenristekdikti Republik Indonesia no. T/274/B3.1/KM/02.04/2019.

Alfan mengatakan, semua robot, baik kategori berkaki atau beroda memiliki misi memadamkan api dengan cepat dalam satu ruangan atau kamar yang menyerupai rumah. “Posisi titik api diletakkan secara acak oleh dewan juri, sehingga robot dituntut harus cekatan untuk mencari api tersebut,” ujarnya, Selasa (16/4).

Setelah memadamkan api, robot di-setting untuk kembali ke titik awal. Robot dengan catatan tercepat bakal keluar sebagai pemenang. Tim robotik UMM pun berhasil mencatatkan waktu tercepat.

Atas raihan ini, Rektor UMM Fauzan mengaku bakal membebaskan skripsi bagi tiga mahasiswa yang berhasil memenangkan event tersebut. Dia berpesan agar mahasiswa lainnya bisa meraih berprestasi. 

“Saya tidak menarget harus juara satu, tetapi yang terbaik sajalah yang saya minta,” ungkapnya seperti dikutip dari Jawapos.com.

Sebelumnya pada 2017 lalu, dua tim Robotik UMM juga pernah memborong juara pertama dan kedua sekaligus untuk kategori robot berkaki. Dua tim tersebut yaitu tim InaMuh sebagai juara pertama dan tim Unmuh Malang sebagai juara kedua. Di samping itu, tim InaMuh juga meraih juara poster terbaik.

Sedangkan dua tim lainnya yang dimotori Bayu Irawan Nugroho mahasiswa Teknik Elektro dan Dwi Nur Fajar mahasiswa Teknik Informatika akan unjuk gigi di Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional IV di Universitas Mataram pada 21-23 April  mendatang. Rombongan ini mempertandingkan dua jenis robot, yakni satu robot pemadam api kategori berkaki (DOME), dan tiga robot kategori sepak bola (Zhafarul). (R01)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index