Gubri Dampingi Menteri BUMN Resmikan Program Peremajaan Sawit di Rohul

Gubri Dampingi Menteri BUMN Resmikan Program Peremajaan Sawit di Rohul
Gubri H Syamsuar dan Meneg BUMN Tandatangani MoU saat hadiri BUMN untuk Sawit Rakyat Provinsi Riau, di KUD Makarti Jaya, Desa Kumain, Kecamanta Tandun-Kabupaten Rokan Hulu, Riau

PASIR PENGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Gubernur Riau Syamsuar mendampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dalam acara penanaman perdana kebun sawit rakyat seluas 32.966 Hektar di lima kabupaten yang ada di Provinisi Riau, acara tersebut digelar di Rohul, Kamis (11/04/2019).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dalam kesempatan itu mengatakan, program replanting atau peremajaan kebun kelapa sawit ini, merupakan salah satu dari kebijakan kerakyatan Presiden RI Joko Widodo.

Acara tersebut juga dilakukan penandatanganan nota kesepakatan bersama dengan beberapa pemerintah daerah lainnya di Provinsi Riau. 

"Bapak Presiden melihat bahwa sudah banyak kebun kelapa sawit yang berusia di atas 25 tahun yang produktifnya menurun, yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu beliau berharap program replanting ini nantinya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat," kata Rini. 

sementara itu Direktur Utama PTPN V sekaligus Ketua Pelaksana kegiatan Jatmiko Krisna Santosa menjelaskan maksud dari penandatanganan Kesepakatan Bersama, yaitu sebagai pedoman dalam melaksanajaan Peremajaan Kebun Kelapa Sawit dan atau Konversi Tanaman Karet ke Kelapa Sawit Plasma Binaan PTPN V. 

"Selama masa replanting kami akan menjalankan single management. Kami yang akan menanam, mengelola dan memanen, tetapi petani sekitar yang akan mengerjakannya"  kata Jatmiko. 

Selain itu kata dia, PTPN V  juga akan menjadi penjamin produksi, dimana ketika hasil sawit plasmanya tidak sesuai yang target, maka PTPN V akan bertanggung jawab mengganti kekurangan dari hasil produksi yang ditargetkan tersebut. (R07/AdvHms)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index