Abrasi Ancam Tiga Pulau Terluar Riau, Pemprov Riau akan Lakukan Ini

Abrasi Ancam Tiga Pulau Terluar Riau, Pemprov Riau akan Lakukan Ini
Ilustrasi

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tengah berjuang menyelesaikan persoalan abrasi di tiga pulau terluar yang ada di wilayah Provinsi Riau. Tiga pulau itu yakni Bengkalis, Rupat dan Rangsang, yang semuanya berbatas langsung dengan wilayah negara tetangga Malaysia.
 
Gubernur Riau Syamsuar mengatakan untuk menyelesaikan masalah di tiga pulau itu, pihaknya akan membawa hal tersebut ke pemerintah pusat.
 
"Karena sudah menyangkut kedaulatan negara, kami mengangkat masalah ini ke tingkat nasional agar dapat terselesaikan," katanya Senin (27/5/2019) kemarin.
 
Menurutnya, Pemprov dan pemerintah pusat perlu mempertahankan tapal batas wilayah Indonesia yang berada di tiga pulau terluar ini. 
 
Hal itu disebabkan masalah abrasi yang terjadi pada tiga pulau tersebut, secara perlahan mengurangi batas wilayah negara Indonesia dengan tetangga Malaysia, sementara di sana terus bertambah karena dilakukan reklamasi.
 
Dia mengaku persoalan di tiga pulau terluar Riau ini sudah menjadi perhatian besar oleh Kementerian Koordinator Bidang Maritim, dan persoalan ini akan dibahas di lintas kementerian. 
 
"Kami diundang ke Jakarta membahas persoalan itu. Selasa nanti saya juga akan diundang khusus oleh Menko Maritim untuk membahas rencana aksi, untuk menyelesaikan persoalan abrasi di pulau-pulau terluar ini, yang melibatkan beberapa menteri terkait," katanya. (R06/Bisnis.com)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index