Tak hanya di Inhu, Belasan Gajah Liar Juga Juga Masuk ke Pemukiman Penduduk di Rumbai-Pekanbaru

Minggu,16 Juni 2019 | 05:56:55 WIB
Tak hanya di Inhu, Belasan Gajah Liar Juga Juga Masuk ke Pemukiman Penduduk di Rumbai-Pekanbaru
Ket Foto : Ilustrasi

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Selain di wilayah Peranap, Indragiri Hulu, Provinsi Riau, gerombolan gajah juga memasuki area perkebunan warga di kawasan Rumbai, Pekanbaru, sejak beberapa hari terakhir. Jumlahnya diperkirakan mencapai belasan ekor dan berkeliaran sejak sepekan terakhir.

Kehadiran gajah ini jelas menimbulkan keresahan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi terutama para petani.

Kepala Bidang Wilayah II Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Heru Sutmantoro, mengungkapkan, pihaknya menurunkan tim ke lapangan untuk menanggulangi permasalahan gajah di wilayah Rumbai.

"Kita sudah tangani permasalahan ini dan tim sedang melakukan penggiringan terhadap gajah-gajah yang berada di sekitar lokasi," kata Heru seperti dilansir dari Viva.co.id, Sabtu 15 Juni 2019.

Heru menambahkan, sampai sore ini belasan gajah sudah sampai di tepian Sungai Siak dan akan terus bergerak menjauhi lahan pemukiman penduduk. "Gajah-gajah itu sudah mulai menjauh dan terakhir mendekati tepian Sungai Siak," sambung Heru.

Kehadiran gajah sekitar pemukiman penduduk ternyata memberikan dampak negatif bagi para petani yang tinggal di wilayah kecamatan Rumbai, Pekanbaru. Sejumlah tanaman mengalami kerusakan, seperti sawit yang berusia 2 tahun, pisang dan tanaman pepaya.

"Ada sebagian tanaman warga yang dirusak oleh gajah tapi tidak banyak. Ini terjadi sejak libur lebaran kemarin. Banyak warga yang tidak menjaga kebun sehingga membuat gajah leluasa," tutup Heru. (R05)

Iklan Pajak Reklame Bapenda Pekanbaru



FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS