Gempa 6,8 Skala Richter Guncang Jepang dan Sebabkan Tsunami

Gempa 6,8 Skala Richter Guncang Jepang dan Sebabkan Tsunami
ilustrasi

TOKYO (RIAUSKY.COM)- Negeri sakura, Jepang,  diguncang gempa bumi   berkekuatan awal 6,8 skala richter, Selasa (18/6/2019) malam.

Gempa itu mengguncang wilayah barat laut Jepang di sekitar prefektur Niigata pada.

Guncangan gempa yang cukup kuat mampu merusak sejumlah bangunan dan memicu terjadinya tsunami.

Peringatan tsunami telah diterbitkan sesaat setelah gempa terjadi, peringatan tersebut berlaku untuk kawasan pantai Yamagata, Niigata, dan Noto di Prefektur Ishikawa. 

Dilansir The Japan Times, tsunami terjadi setinggi 10 cm di pelabuhan Niigata usai tengah malam. Badan Metereologi Jepang telah mencabut peringatan tsunami pukul 1.02 dini hari.

Gempa terjadi pukul 22.22 waktu setempat pada kedalaman 10 km. Channel News Asia memuat, gempa dangkal biasanya justru menyebabkan lebih banyak kerusakan.

Tidak ada laporan segera mengenai kerusakan atau korban dari gempa yang melanda wilayah 85 kilometer ke timur laut pulau Honshu itu.

Dikabarkan NHK, beberapa jalan lokal ditutup setelah gempa dan puluhan ribu rumah tidak memiliki listrik akibat terputusnya aliran listrik.

Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan untuk tsunami 0,2 m hingga 1 m di sepanjang pantai barat laut pulau utama. Para pejabat segera menghentikan layanan kereta cepat di wilayah itu sebagai tindakan pencegahan.

Sementara itu, pembangkit nuklir Kashiwazaki-Kariwa di Tokyo Electric Power tidak terpengaruh oleh gempa tersebut. Namun tujuh reaktor nuklirnya telah dimatikan.

"Semua pembangkit listrik tenaga nuklir telah melaporkan tidak ada kelainan," kata jurubicara pemerintah Yoshihide Suga.

"Goncangan kuat dapat berlanjut." Suga mengatakan pihak berwenang sedang memeriksa tanda-tanda kerusakan atau cedera. (R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index