Sambut Ramadhan, Bupati Sukiman Hadiri Potang Bolimau di Kawasan Water Front City Pasirpangaraian

Sambut Ramadhan, Bupati Sukiman Hadiri Potang Bolimau di Kawasan Water Front City Pasirpangaraian
Bupati Rokan Hulu (Rohul), H. Sukiman, menghadiri acara tradisi Potang Bolimau, menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah di kawasan Water Front City Pasirpangaraian, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Minggu sore (5/5/2019). 

PASIRPENGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Sambut datangnya bulan Ramadhan, Bupati Rokan Hulu (Rohul), H. Sukiman, menghadiri acara tradisi Potang Bolimau di kawasan Water Front City Pasirpangaraian, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Minggu sore (5/5/2019).

Hadir juga Sekda Rohul, H. Abdul Haris, Ketua Tim Penggerak PKK Rohul, Hj. Peni Herawati, pimpinan Forkompinda, para pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Rokan Hulu, termasuk Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Rohul, Yusmar, Ketua Dharma Wanita Persatuan Rohul, Hj. Neti Herawati,‎ tokoh agama, pemuka ada, dan undangan lain.

Bupati Rohul, Sukiman mengatakan tradisi Potang Bolimau adalah mandi limau atau jeruk di petang hari, menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

"Tradisi ini rutin dilaksanakan setiap tahun, dan merupakan tradisi tertua adat nenek moyang di Rokan Hulu Negeri Seribu Suluk," katanya.

Ia menambahkan Potang Bolimau adalah simbolis untuk membersihkan diri menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, sehingga menyambut puasa dengan niat suci, bersih dan baik.

Menurutnya, tradisi Potang Bolimau merupakan momen yang tepat bagi semua masyarakat, terutama untuk masyarakat yang merantau keluar daerah. Menjelang bulan suci Ramadhan, mereka bisa pulang ke kampung halaman untuk menjenguk keluarganya.

"‎Marilah kita sambut bulan penuh berkah ini dengan gembira dan ikhlas, serta menambah amal ibadah kita di bulan suci Ramadhan ini," imbaunya.

Sukiman juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh dinas terkait di lingkungan Pemkab Rohul, yang telah bekerja keras, hingga tradisi Potang belimau berlangsung meriah dan ramai.

Sebelum acara, Bupati Rokan Hulu Sukiman dan rombongan diarak dari Masjid Jami' Desa Babussalam, Kecamatan Rambah, oleh 20 grup rebana dari berbagai kecamatan. Setibanya di lokasi acara, Bupati disambut dengan kesenian pencak silat.

Pada acaranya, Bupati dan Sekda Rokan Hulu menyalurkan santunan kepada anak yatim, serta diakhiri memandikan mereka dengan air limau yang telah disediakan panitia. (ADV Pemda Rohul)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index