Asian Agri Serahkan Penghargaan pada 2 Desa Bebas Api di Riau

Asian Agri Serahkan Penghargaan pada 2 Desa Bebas Api di Riau
Kepala Desa Rantau Baru dan Kepala Desa Tambak penerima penghargaan Desa Bebas Api

SIAK HULU (RIAUSKY.COM)- Perusahaan perkebunan kelapa sawit, PT Asian Agri menyerahkan penghargaan pada dua desa  di Riau yang dianggap berhasil mencegah kebakaran hutan dan lahan sepanjang tahun 2018- 2019 ini.

Dua desa tersebut, masing-masing, Desa Rantau Baru dan Desa Tambak di Kabupaten Pelalawan mendapatkan penghargaan berupa uang sebesar Rp100 juta dan Rp50 juta. 

Desa Rantau Baru berhak mendapatkan uang penghargaan sebesar Rp100 juta karena berhasil meraih prediket 'bebas api' dengan potensi zero burning di sekitar areal desa. 

Sementara Desa Tambak meraih penghargaan sebesar Rp50 juta dengan potensi kebakaran lahan di bawah 1 hektare. 

Suasana penandatanganan MoU Desa Bebas Api tahun 2019-2020 disaksikan petinggi PT Asian Agri.

'Ini adalah apresiasi kita kepada desa-desa yang dianggap berhasil mencegah terjadinya kebakaran hutan maupun lahan,'' sebut Regional Head Asian Agri wilayah Riau, Pengarapen Gurusinga saat Halal Bihalal Asian Agri dengan Insan Pers yng dibarengi dengan penyerahan Award serta Penandatanganan MoU Desa Bebas Api yang dilaksanakan Selasa (2/7/2019) di Labersa Hotel Pekanbaru.

Dikatakan Pengarepan Gurusinga, ada 5 desa di Riau yang menandatangani kesepakatan untuk Desa Bebas Api di Riau, dan total ada 16 desa di Riau dan jambi. 

Desa Bebas Api, sambung dia, dirancang sebagai  bentuk sinergi bersama antara masyarakat. pemerintah dan perusahaan dalam menekan angka kebakaran lahan yang berfokus pada pencegahan dan antisipasi  dini.

Program ini didukung oleh masyarakat yang tergabung dalam Masyarakat Peduli Api yang secara sukarela bertanggung jawab untuk melakukan sosialisasi kepada warga desa dan bersiap siaga untuk melakukan antisipasi dini ketika terjadi kebakaran lahan. 

“Masyarakat sebagai pihak yang paling dekat dengan lokasi terjadinya kebakaran lahan memiliki peran penting dalam melakukan pencegahan dan juga antisipasi dini sebelum api meluas ke daerah lainnya. Di Asian Agri kami memberdayakan masyarakat untuk memiliki pengecahuan dan keahlian yang dibutuhkan untuk mencegah kebakaran,” ujar Gurusinga. 

Melalui program Desa Bebas Api, Asian Agri bermitra dengan desa-desa yang berlokasi di sekitar daerah operasional perusahaan untuk mencegah dan melakukan antisipasi dini terhadap kebakaran. 

Dimulai pada  tahun 20l6, saat ini perusahaan telah bermitra dengan l6 desa di Riau dan jambi. 

Desa yang berhasil mencegah daerahnya dari kebakaran akan memperoleh penghargaan sebesar l00 juta  rupiah dan desa dengan kebakaran kurang dari 1 hektar akan memperoleh 50 juta rupiah.

Pada kesempatan itu, juga dilaksanakan penandatanganan MoU untuk program Desa bebas Api tahun 2020 yang diikuti oleh 5 desa di Riau dan ini menjadi momen bagi seda-desa lainnya untuk berprestasi dalam mncegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

MoU diikuti oleh Desa Rantau Baru, Desa Tambak, Desa Sungai Limau, Desa Sehati dan Desa Tolam. ''Jadi yang belum berhasil tahun ini, kita harapkan tahun depan bisa mejadi juara tahun depan,'' harap Guru Singa yang saat itu juga didampingi Coorporate Communication Head, Maria Sidabutar.  (R04)


 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index