Diskes Pekanbaru Imbau Warga Terapkan PHBS

Diskes Pekanbaru Imbau Warga Terapkan PHBS

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Terhitung  sejak Januari hingga akhir Juni 2019, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mencatat sebanyak 259 warga yang menderita Demam Berdarah Dengue (DBD).

Untuk penderita tertinggi tercatat di Kecamatan Payung Sekaki sebanyak 50 kasus, disusul Kecamatan Tampan 43 kasus dan urutan ketiga Kecamatan Sukajadi sebanyak 35 kasus.

Kemudian Kecamatan Marpoyan Damai 29 kasus, Tenayan Raya 22 kasus, Bukit Raya 17, Senapelan 14, Rumbai Pesisir 12, Rumbai dan Sail masing-masing 11 kasus serta Kecamatan Limapuluh 10 kasus.

"Sementara kasus terendah tercatat di Pekanbaru Kota 5 kasus. Total penderita sebanyak 259 kasus," ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Pekanbaru Maisel Fidayesi, Rabu (3/7/2019).

Meminimalisir terus meningkatnya penderita DBD, ujar Maisel, pihaknya mengajak warga menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan menjaga kebersihan lingkungan rumah atau tempat tinggal.

"Caranya terus melakukan 3M Plus. Sebab, selagi masyarakat tidak menjaga lingkungannya, sulit memberantas DBD ini," ungkap Maisel.

Disampaikan Maisel, jentik nyamuk penyebab demam berdarah muncul karena lingkungan yang tidak sehat, lingkungan yang kotor dan banyak genangan air. 

"Makanya dengan berperilaku hidup bersih dan sehar. Selain itu, lingkungan akan menjadi sehat, rumahnya sehat dan orangnya pun sehat," tutur Maisel. (R05/Kominfo)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index