Gubri Harap Pembangunan tak Lagi kedepankan Ego Daerah

Gubri Harap Pembangunan tak Lagi kedepankan Ego Daerah

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar tanda tangani kesepakatan bersama antara Pemerintah Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak, Kampar serta Pelalawan atau disingkat dengan Pekansikawan. 

Penandatanganan tersebut, langsung dihadiri para kepala daerah masing-masing. Yakni  Walikota Pekanbaru Firdaus, Bupati Pelalawan HM Haris, Bupati Siak Alfredli. Sementara Bupati Kampar diwakili Asisten II Azwan. 

Penandatanganan kesepakatan bersama antara Gubernur Riau dan kepala daerah dari Pekansikawan ini yakni komitmen tentang kerja sama pembangunan daerah secara terpadu. 

"Kami berharap dari kesepakatan ini tentu tidak hanya menguntungkan satu pihak. Tetapi bisa saling merasakan manfaat pemerataan pembangunan," kata Gubri, di ruang melati Kantor Gubernur Riau, Jumat (12/7/19).

Masing-masing kepala daerah pun yang tergabung dalam Pekansikawan ini pun memberikan harapan dan paparannya terkait komitmen yang telah disepakati bersama tersebut. Walikota Pekanbaru misalnya, berharap akan ada kesinergian pembangunam infrastruktur khususnya di daerah kawasan pinggiran Pekanbaru. 

Dengan begitu, kawasan penyanggah baik dari sisi perekonomian mau pun pembangunan bisa teroptimalkan. Harapan itu menurut Walikota mengingat Pekanbaru di kelilingi Kampar, Pelalawan serta Siak.

Kerusakan jalan lintas Pasir Putih Kampar misalnya ketika terjadi kerusakan cukup berdampak dari sisi arus barang yang keluar masuk ke Pekanbaru. Begitu juga ketika ada aliran parit menuju sungai Kampar bermasalah, Wako meyakini menjadi diantara penyebab kebanjiran khususnya di daerah Panam. 

"Pekanbaru ini adalah kota jasa, perdagangan dan pariwisata. Kami berharap melalui Pekansikawan ini tentu akan dapat mengoptimalkan segala potensi yabg kami punya," ungkap Firdaus.

Bupati Pelalawan M Haris juga berharap kawasan pariwisata Bono dan teknopolitan yang ada di daerahnya bisa lebih berkembang dengan. 

Sementara Gubri mengatakan, terwujudnya Pekansikawan ini bisa menjadi pemicu menggeliatnya kemajuan pembangunan di daerah masing-masing dengan saling terintegrasi. 

Ia berharap, pembangunan tidak lagi mengkedepankan ego kepentingan masing-masing daerah. Hal ini tentunya sejalan dengan visi misi Riau 2019-2024 yakni terwujudnya Riau berdaya saing sejahtera, bermartabat, dan unggul di Indonesia. 

Kemudian selain itu juga diharapkan mampu berdaya saing dengan kondisi kemampuan daerah yang mapan didukung pertumbuhan ekonomi, infrastruktur dan sumber daya manusia yang handal dan lingkungan yang lestari. (R07/MCRiau)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index