Menteri  Jokowi Siapkan Rp10 Triliun untuk 1 Juta pemegang Kartu pra Kerja, Minat, Ini Syaratnya....

Selasa,16 Juli 2019 | 03:14:20 WIB
Menteri  Jokowi Siapkan Rp10 Triliun untuk 1 Juta  pemegang Kartu pra Kerja, Minat, Ini Syaratnya....
Ket Foto : Presiden Joko Widodo saat memperkenalkan kartu Pra Kerja. tahun 2020, pemerintah sudah menyiapkan Rp10 triliun untuk dibagikan.

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pihaknya telah menyiapkan anggaran di Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2020, untuk menampung visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

"Tahun 2020 kami akan mendesain APBN untuk mendukung program-program pembangunan di dalam rangka tahun pertama RPJMN 2020-2024. Juga untuk menampung visi misi Presiden terpilih dan juga prioritas dan juga janji kampanye. Di APBN 2020 didesain dalam rangka untuk mendukung program-program tersebut," ujar Sri  dilansir dari suara.com usai Rapat Terbatas di kantor Presiden, Jakarta, Senin (15/7/2019).

Anggaran yang dimaksud Sri yakni anggaran yang disiapkan untuk tiga kartu sakti yakni Kartu Pra Kerja, Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Sembako Murah. Tiga kartu sakti tersebut merupakan janji Jokowi saat kampanye Pilpres 2019.

Anggaran yang disiapkan untuk kartu pra kerja di RAPBN 2020 kata Sri mencapai Rp 10 triliun.

Kata Sri, anggaran akan dilokasikan kepada 1 juta warga yang memperoleh pelatihan digital dan juga diberikan kepada 1 juta warga yang akan menempuh pelatihan regular.

"Kami juga akan mendesain Rp 10 triliun untuk Kartu Pra Kerja. Yaitu 1 juta (warga) melalui pelatihan digital dan 1 juta (warga diberikan) pelatihan reguler. Saat ini desain program masih dibahas antar menteri terkait di bawah koordinaator Menko Perekonomian," kata dia.

Sri menuturkan terkait Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, akan ada penambahan jumlah penerima beasiswa. Pasalnya saat ini yang mendapat beasiswa pemerintah hanya 380 ribu siswa, namun ada penambahan sekitar 400 ribu siswa.

"Untuk beberapa pos yang berhubungan dengan janji presiden seperti KIP-Kuliah akan ditambah jumlah beasiswa baru yang sekarang ini jumlahnya sekitar 380 siswa, akan ada tambahan sekitar 400.000 siswa yang akan kita jaga pada 4 tahun ke depan. Dengan demikian ada 4 kali lipat jumlah beasiswa untuk KIP Kuliah," ucap dia.

Tak hanya itu, Sri menuturkan Kemenkeu juga tengah mendesain bagaimana sistem pelaksanaan kartu sembako.

Pasalnya kata dia, masyarakat saat ini mengenal bantuan berupa rastra (beras sejahtera).

"Jadi jumlah rumah tangganya maupun dari sisi jumlah manfaat yang akan diberikan per keluarga akan ditingkatkan pada 2020. Sementara dari sisi itu pra kerja, sembako maupun kuliah yang menjadi prioritas bapak presiden yang sudah disampaikan bapak presiden selama itu," tandasnya.(R04)
 


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS