Gabung Koalisi Jokowi, Pengamat Yakin Prabowo Dijatahi Menhan, Panglima TNI dan Wantimpres

Gabung Koalisi Jokowi, Pengamat Yakin Prabowo Dijatahi Menhan, Panglima TNI dan Wantimpres
Ray Rangkuti

RIAUSKY.COM - Partai Gerindra diyakini akan mendapat dua hingga tiga pos kekuasaan jika bergabung ke pemerintahan Joko Widodo-Maruf Amin.

"Saya kira realistis saja dua atau tiga kursi itu hebat. Dapat dua kursi kabinet, mungkin Wantimpres satu," ucap Penggagas Masyarakat Madani untuk Oposisi Indonesia, Ray Rangkuti, seperti dikutip dari Kantor Berita RMOL di sela diskusi di Matraman, Jakarta Timur, Kamis (18/7).

Ray yakin, bergabungnya pro Prabowo Subianto ke pemerintahan Jokowi periode dua karena presiden terpilih berharap mereka memperkuat dukungan kepada pemerintah lewat DPR RI sekaligus meredam tensi politik. Ia yakin sudah ada kesepakatan politik mengenai hal tersebut.

"Mungkin dengan cara begitu (Prabowo) akan berkuasa sekaligus ikut di dalam kekuasaan dan akan menekan keriuhan akibat perbedaan sikap yang cenderung ideologis pada pelaksanaan pilpres. Mungkin dua target itu yang ingin dicapai Pak Jokowi," jelasnya.

Menurut dia, posisi menteri yang paling mungkin diraih Gerindra adalah Menteri Pertahanan. Juga bisa mengusulkan nama calon Panglima TNI. Bahkan, berpeluang mengisi satu kursi Anggota Dewan Pertimbangan Presiden. Bagi Gerindra, penempatan elite-elitenya di pemerintahan Jokowi juga penting untuk mengurangi penumpukan di internal partai.

"Yang paling mungkin untuk menyalurkan itu salah satunya memperluas jaringan ke kekuasaan karena oposisi enggak punya kekuasaan lagi, kecuali kursi legislatif," jelas Ray. (R01)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index