5 Anak Ketua Umum Parpol Ini Disebut-sebut Bakal Jadi Menteri Jokowi dari Kalangan Anak Muda, Siapa Saja?

Jumat,19 Juli 2019 | 13:44:59 WIB
5 Anak Ketua Umum Parpol Ini Disebut-sebut Bakal Jadi Menteri Jokowi dari Kalangan Anak Muda, Siapa Saja?
Ket Foto : Putra-putri Ketua Umum Partai

RIAUSKY.COM - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan bakal memilih anak-anak muda Indonesia sebagai menteri di kabinetnya. Jokowi bahkan meminta partai politik menyodorkan anak muda untuk diangkat jadi menterinya nanti.

"Saya minta dari partai juga ada yang muda. Ada dari profesional juga. Kalau enggak ada dari partai, ya, kita cari sendiri," kata Jokowi pekan lalu di Jakarta.
 
Jokowi mengaku sudah mengantongi kandidat calon menterinya yang akan langsung dilantik begitu presiden terpilih Jokowi dilantik Oktober 2019 mendatang.

Menariknya, ternyata umumnya ketua umum partai politik di Indonesia memiliki putra dan putri yang telah berkiprah di partai politik.

Mereka anak-anak muda yang terdaftar sebagai caleg pada Pemilu Legislatif 2019. Siapa saja mereka?

1. Angela Tanoesoedibjo

Pengusaha muda sekaligus politisi Partai Perindo tersebut digadang sebagai calon menteri di kabinet Joko Widodo (Jokowi). Bukan tanpa sebab, Angela Tanoesoedibjo sempat bertemu dengan Jokowi.

Menurut Sekjen Partai Perindo, Ahmad Rofiq, pertemuan antara Jokowi dengan Angela merupakan sinyal kuat Angela bakal dipinang menjadi menteri di kabinetnya.

"Pertemuan Pak Jokowi dengan Mbak Angela menjadi tanda yang sangat positif untuk Mbak Angela dipinang lebih jauh untuk posisi menteri pada kepemimpinan Pak Jokowi di periode kedua ini," kata Ahmad Rofiq dalam pernyataannya yang diterima Tribunnews.com, Selasa(2/7/2019) lalu.

Angela Tanoesoedibjo adalah putra ketua umum Partai Perindo yang pada Pemilu Legislatif 2019 mencalon diri sebagai anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Timur I.

Lulus dari kuliah, Angela Tanoesoedibjo meniti karier dari bawah di MNC Grup sebagai staf keuangan. Selain itu, Angela Tanoesoedibjo pernah menjadi Direktur PT MNI Entertainment pada 2008-2017.

Ia juga pernah menjabat sebagai Corporate Finance & Business Development Assosiciate, PT Media Nusantara Citra Tbk pada 2010-2013. Pada 2013-2014, Angela menjadi Co-Head Vice President MNC Channels.

2. Prananda Paloh

Prananda Surya Paloh, putra Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Dia lahir di Singapura, 21 September 1988. Saat ini masih menjabat anggota DPR RI ditempatkan di Komisi I (pertahanan, intelijen, luar negeri, komunikasi, dan informasi) dan di Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP).

Pada Pemilu 2019 ini dia terpilih kembali menjadi anggota DPR untuk periode 2019-2024. Namanya disebut-sebut kandidat kuat calon menteri Jokowi.

Sekjen Partai Nasdem, Johnny G Plate beberapa waktu lalu mengatakan Prananda Paloh layak menjadi calon menteri muda Jokowi.

"Dia juga adalah Ketua Garda Pemuda Nasdem yang keanggotaannya puluhan ribu di seluruh Indonesia. Jadi, pengalaman di dalam mengelola organisasi dan sebagai bagian dari pembuat UU sudah cukup panjang. Di samping itu dia juga profesional di bidang usaha," ujar Johnny.

3. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Dia putra sulung Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Namanya disebut-sebut calon kuat menteri Jokowi. Usai Pilpres, AHY dua kali diterima Jokowi di istana presiden RI.

Terakhir kali dia bersama adiknya Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) datang ke acara open house yang digelar Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/6/2019).

"Datang ke istana untuk melakukan silaturahmi dengan Bapak Jokowi, Ibu Iriana dan tadi ada putra beliau, Mas Kaesang," kata AHY.

Dia pernah mencalonkan gubernur DKI Jakarta.

Saat ini, AHY menjabat sebagai Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat. Kabarnya dia akan menggantikan ayahnya sebagai ketua umum Demokrat.

4. Puan Maharani

Puan Maharani lahir di Jakarta, 6 September 1973. Putri ketua umum PDIP Megawati Soekarnoputri ini masih menjabat Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia pada Kabinet Kerja (2014–2019).

Dia juga calon kuat menteri Jokowi berikutnya. Kiprahnya di politik tidak diragukan lagi. Puan pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI untuk tahun 2012 - 2014.

Di DPR, Puan Maharani berada di Komisi VI yang mengawasi BUMN, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, serta anggota badan kelengkapan dewan BKSAP (Badan Kerjasama Antar Parlemen), dan juga sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR menggantikan Tjahjo Kumolo yang telah menjabat selama sembilan tahun.

5. Yuri Kemal Fadlullah Mahendra

Namanya memang tidak terlalu dikenal di dunia politik. Namun di dunia hiburan, dia dikenal sebagai mantan pacar selebriti Nabila Syakieb.

Yuri adalah putra dari politisi kondang yang juga Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra. Pada Pemilu Legislatif 2019, Yuri maju sebagai caleg dengan daerah pemilihan DKI II. (R01)

Sumber: Tribunnews.com


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS