Diskominfotik Riau Gelar FGD Standarisasi & Pengamanan Website 2019

Selasa,23 Juli 2019 | 18:47:15 WIB
Diskominfotik Riau Gelar FGD Standarisasi & Pengamanan Website 2019
Ket Foto :

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Diskominfotik Provinsi Riau mengadakan acara Fokus Group Discussion (FGD) untuk meningkatkan Standarisasi dan Pengamanan Website dalam Optimalisasi Layanan kepada Masyatakat, di Hotel Jatra Pekanbaru, Selasa (23/7/2019).

Upaya ini dilakukan sebab di tengah perkembangan teknologi dan informasi, risiko ancaman keamanan informasi pun berkembang. Dampaknya akan menjadi sangat merugikan, yaitu layanan pemerintah untuk publik terganggu dan kredibilitas pemerintah bisa menurun. 

Focus Group Discussion (FGD) menjadi penting untuk membuka kesadaran pihak-pihak instansi pemerintah untuk meningkatkan keamanan siber. FGD menjadi media berbagi informasi dan terciptanya asistensi untuk pengembangan perlindungan, penanggulan dan pemulihan insiden siber pada sektor-sektor pemerintah.

FGD ini dihadiri oleh Pemateri Muhammad Arif Fadhly Ridha. S.Kom. M.T dari Dosen dari Politeknik Caltex Riau (PCR) dan Azwir Irvannanda. CySa+ (Atios).

Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Riau, Yogi Getri dalam membuka acaranya mengatakan bahwa website sangat penting sekali di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun Kabupaten/Kota karena web itulah merupakan wajahnya UPD tersebut.

Lebih lanjut Yogi menjelaskan, bila tidak ada website maka tidak ada informasi yang bisa disampaikan oleh masyarakat. Hal tersebut karena melalui website, semuanya informasi-informasi bisa disampaikan kepada masyarakat.

"Baik itu anggaran maupun kegiatan, dapat kita sampaikan di website tersebut," ujarnya.

Selain itu, Yogi menegaskan bahwa website harus dijaga dari serangan hacker, karena banyak orang yang usil dan menguji-uji juga sejauh mana kelemahan di website tersebut. 

"Karena itu, mari kita bersama-sama berdiskusi. Sejauh mana kita nanti dapat memperbaiki website kita agar benar-benar berfungsi dengan baik, dan terhindar dari berbagai serangan hacker," tutupnya.

Acara ini diikuti oleh perwakilan UPD yang ada di Provinsi Riau dan UPD yang ada di kabupaten/kota di provinsi Riau. (R06/MCRiau)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS