DPRD Dukung Pembangunan Lapas Khusus Narkoba

DPRD Dukung Pembangunan Lapas Khusus Narkoba

 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Sebagian besar penghunj Lapas di Riau adalah  narapidana kasus narkoba. Untuk Kantor wilayah kementerian hukum dan HAM Provinsi Riau berencana membangun lapas khusus untuk para narapidana yang terjerat kasus narkoba. 
 
Rencana tersebut sambut baik oleh legislator DPRD Riau, wakil ketua DPRD Riau Noviwaldy Jusman. Menurut pria yang akrab di sapa Dedet ini, jika pembangunan lapas tersebut dilakukan pemerintah Provinsi tentunya harus mendapat kan izin dari kemendagri, karena pembangunan tersebut merupakan kewenangan dari pemerintah pusat. 
 
"Tapi coba saja diajukan, nanti kami sampaikan ke Kementerian dalam negeri apakah bisa atau tidaknya. Karena itu adalah instansi vertikal tapi nanti kami bicarakan. Tergantung Kemendagri juga, kalau mereka izinkan mari kita bangun, kami sangat mendukung hal itu," kata Noviwaldy Jusman. 
 
Noviwaldy juga menambahkan, jika nantinya lapas tersebut di bangun, pihaknya berharap pemerintah juga harus membangun tempat rehabilitasi untuk para narapidana tersebut. 
 
"Kepada narapidana tersebut juga hendaknya dilakukan rehabilitasi. Jadi selain menjalani hukuman mereka juga bisa lepas dari pengaruh buruk narkoba. Selain itu, upaya lain seperti pencegahan sejak dini juga harus dilakukan pemerintah dengan memberikan pengarahan bagi pelajar tentang bahaya narkoba,"imbuhnya. 
 
Dedet berharap ke depan kasus narkoba bisa berkurang di bumi lancang kuning. (R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index