Gubri Kukuhkan Badan Riau Creative Network

Sabtu,31 Agustus 2019 | 14:47:13 WIB
Gubri Kukuhkan Badan Riau Creative Network
Ket Foto :

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Badan Riau Creative Network (BRCN) dikukuhkan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Jumat (30/8/19) malam di Balai Serindit, Komplek Gubernuran. 

Hadir dalam helat itu, selain tokoh masyarakat Riau juga dihadiri stake holder dari 12 kabupaten/kota di Riau dan ratusan komunitas. 

Melihat dukungan yang luar biasa dari elemen masyarakat ini, Ketua Indonesia Creative City Network (ICCN) Tubagus Fiki Satari spontan mengucapkan bahwa pengukuhan ini sangat luar biasa.

"Saya ingin berterima kasih kepada Gubernur Riau atas fasilitasi dibentuknya badan Riau creative network, ini luar biasa karena komitmen gubernur dan seluruh jajaran sejak awal hingga berdirinya Riau creative network ini," kata Fiki.

Fiki menyebutkan, di Indonesia sudah ada 211 kota/kabupaten yang tergabung dalam jaringan ICCN tapi rasanya ini adalah forum pelantikan yang paling luar biasa di level provinsi. 

"Jadi, saya begitu merasa optimis, dan hal ini juga menjadi beban BRCN. Artinya, setelah dilantik yang disaksikan para tokoh masyarakat seluruh komunitas di Riau kita tinggal tunggu program-program bagaimana pengembangan Provinsi Riau dan 12 kabupatennya betul-betul menjadi ujung tombak ekonomi kreatif daerah dan Indonesia," ucap Fiki. 

Sebelumnya Ketua BRCN Husnul Kausarian mengatakan, Badan Riau Creative Network (BRCN) merupakan badan yang dibentuk oleh gubernur Provinsi Riau melalui Pergub untuk mengembangkan, mengajak, dan mengakselarasi pertumbuhan ekonomi bidang kreatif yang ada di Provinsi Riau.

"Sama-sama kita ketahui bahwa saat ini di dunia secara umum industri kreatif sedang dan akan terus berkembang serta terus meningkat, oleh karena itu kita sebagai masyarakat Riau secara khusus harus bisa mengambil peran dan menjadi pelaku industri kreatif agar bisa bersaing dan juga bisa lebih hebat dikemudian hari," ucap Husnul. 

Lahirnya BRCN ini, sambung Husnul, dari salah satu visi utama gubernur Riau untuk memajukan kegiatan ekonomi atau pertumbuhan ekonomi yang ada di Provinsi Riau. Apalagi saat ini lapangan pekerjaan tidak banyak tersedia.

"Kalau kita masih bergantung pada orang lain maka kita tidak maju, kita harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, dan salah satu solusinya adalah industri kreatif. Mudah-mudahan dengan niat ini kita bisa menjawab persaingan global," ucap Husnul. 

Dibentuknya BRCN ini juga sangat kuat yaitu Pergub. Kekuatan ini, harap Husnul, bisa sama-sama  memberdayakannya. Perlu juga dipahami bahwa BRCN bukan lembaga eksklusif tapi adalah lembaga buat semua, siapapun bisa bergabung dan siapapun bisa akselerasikan industri kreatif untuk dikembangkan.

Adannya BRCN ini, kata Gubernur Riau Syamsuar adalah upaya untuk menerima anspirasi dan sebagai penyambung lidah baik dengan mitra usaha termasuk juga dengan pemerintah daerah.

"Dulu kita selalu membanggakan adanya Migas dan sawit di Riau, tapi kondisi sekarang tidak bisa menjadi kebanggaan lagi. Kalau kita ingin meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang ada di Riau maka kreatiflah," ucap Syamsuar. (R06/MCRiau)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS