Hati-hati! Tanaman Ini Ada di Sekitar Kita, Sering Kita Makan, Ternyata Sangat Mematikan

Kamis,12 September 2019 | 03:06:02 WIB
Hati-hati! Tanaman Ini Ada di Sekitar Kita, Sering Kita Makan, Ternyata Sangat Mematikan
Ket Foto :

RIAUSKY.COM - Tidak ada yang menyangka jika tanaman yang seringkali ada di sekitar kita, nyatanya menyimpan racun yang sangat berbahaya. Racun-racun ini bahkan bisa mematikan dan membunuh manusia jika sampai tertelan.

Dilansir dari Sindonews.com, inilah tanaman beracun tersebut. Nomor dua bahkan sering jadi cemilan bahkan makanan pokok.

1. Tanaman Jarak
Tanaman ini sebenarnya sangat bermanfaat terutama daun getahnya. Namun siapa sangka biji jarak sangatlah mematikan. Memakan dua biji jarak bisa meracuni orang dewasa. Dilansir dari Wikipedia, tanaman ini berbahaya karena memiliki kandungan risin. Risin adalah protein beracun yang terkandung pada pohon jarak. Daya meracun risin sangat tinggi, beberapa butir sebesar kristal garam dapur sudah cukup untuk membunuh manusia.

2. Singkong atau Ubi Karet
Di alam, singkong atau cassava menghasilkan sianida dalam bentuk senyawa glikosida sianogenik yang dinamakan linimarin. Senyawa glikosida sianogenik relatif tidak beracun, namun proses enzimatik yang terjadi di dalam tubuh manusia bisa mengurainya menjadi hidrogen sianida, salah satu bentuk racun sianida yang paling beracun. Kadarnya semakin berkurang dengan pengolahan yang benar.

3. Gympie-gympie
Bila kulit tersentuh daun gympie-gympie sedikit saja rasanya seperti disengat oleh panas luar biasa dan tidak akan hilang hingga berbulan-bulan. Tanaman ini memiliki track record pernah membunuh hewan dan manusia. Biasanya tumbuh di hutan timur laut Australia dan Hutan Maluku, Indonesia. Saking kuat racunnya, daun gympie-gympie yang telah kering beratus tahun pun masih mengandung racun moroidin, racun yang terdapat di bulu tanaman gympie-gympie.

4. Pohon Upas
Pohon upas memang mematikan, tapi hanya lendir getahnya. Pada masa lalu, pohon ini sangat terkenal karena getahnya sangat beracun yang digunakan untuk meracuni mata panah. Efek racun pohon upas itu cukup mengejutkan kala diujicobakan kepada seekor ayam dan anjing, yang pertama langsung mati kurang dari dua menit, dan satunya sekitar delapan menit.

5. Kecubung
Kecubung sebenarnya sering dipakai untuk obat tradisional berbagai macam penyakit seperti asma, reumatik, sakit pinggang dan pegal linu. Racun kecubung bisa berasal dari bijinya yang mengandung zat alkaloid. Gejala keracunan yang biasanya timbul terutama akibat zat atropin dan skolopamin, adalah mulut kering, sembelit, sensitif terhadap cahaya dan mata sakit. (R02)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS