Heboh! Langit Merah di Muaro Jambi akibat Karhutla, Siang Hari Seperti Malam, Ini Penampakannya

Heboh! Langit Merah di Muaro Jambi akibat Karhutla, Siang Hari Seperti Malam, Ini Penampakannya
Suasana saat langit terlihat merah di i Desa Puding, Kecamatan Kumpeh Ilir, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, Sabtu (21/9/2019). (Foto: iNews/Muammar Syarbani)

RIAUSKY.COM - Jejaring sosial dikejutkan dengan fenomena langit merah yang terjadi di Desa Puding, Kecamatan Kumpeh Ilir, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, Sabtu (21/9/2019) kemarin. 

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sana membuat langit menjadi gelap gulita. Suasana siang hari tampak gelap seperti malam.

Dalam foto-foto dan video yang viral di media sosial, pekatnya kabut tampak berwarna kemerahan. Jarak pandang sangat terbatas, pengendara yang berlalu lalang harus ekstra hati-hati dan mengandalkan sorotan lampu penerangan untuk melintas di siang hari. Kondisi ini pun mengundang keprihatin warganet.

"Kami turun melihat situasi di sana sekitar pukul 14.00 WIB siang, tapi sudah seperti waktu magrib jam 19.00 WIB malam," ujar Sekretaris Wilayah MPW Pemuda Pancasila (PP) Provinsi Jambi Tofan Junaidi kepada sejumlah wartawan yang turun di kawasan izin konsesi PT BEP dann PBP di Desa Puding, Kecamatan Kumpeh Ilir, Muaro Jambi, Sabtu (21/9/2019) seperti dilansir dari iNews.id.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jambi M Zakir mengakui kondisi di Desa Puding gelap akibat tertutup kabut asap dari kebakaran lahan.

"Ya gelap. Tak bisa kirim foto atau menelepon, sinyalnya tak tersambung," ujarnya.

Dia menambahkan, kebakaran lahan di Puding, Muarojambi ini sudah terjadi sejak satu pekan terakhir. "Kami berharap bisa turun hujan sehingga kebakaran lahan bisa teratasi," tuturnya. (R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index