Penasaran? Begini Penampakan Lokasi Titik Nol Ibu Kota Baru Indonesia di Penajam Paser Utara Kaltim

Penasaran? Begini Penampakan Lokasi Titik Nol Ibu Kota Baru Indonesia di Penajam Paser Utara Kaltim
Pemandangan di kawasan lokasi ibu kota baru Indonesia di Bukit Soedharmono di Desa Pemaluan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim. (Foto: iNews.id/Wahyu Triyogo)

RIAUSKY.COM - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro dan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil bersama Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor meninjau lokasi titik nol yang akan menjadi ibu kota baru Indonesia, Rabu (2/9/2019). 

Lokasinya berada di Bukit Soedharmono di Desa Pemaluan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim.

Dilansir dari iNews.id, area dengan kontur tanah yang berbukit-bukit itu sebagian besar masih berupa hutan dan kebun kelapa sawit. Di sekitarnya terdapat menara pantau api yang diresmikan pada 1995 lalu.

Saat ini, akses jalan menuju lokasi masih berupa jalan tanah yang biasa digunakan oleh perusahaan kayu untuk mengangkut kayu. 
Perjalanan dari Kota Balikpapan menuju titik nol calon ibu kota baru RI itu memakan waktu sekitar 2,4 jam. Lokasi bisa ditempuh dengan menggunakan speed boat, kemudian dilanjutkan dengan jalan darat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya memutuskan akan memindahkan ibu kota negara ke sebagian wilayah di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim. Luas wilayah calon ibu kota negara ini sekitar 160.000 hektare (ha).

Adapun biaya pemindahan diperkirakan menelan dana sekitar Rp486 trilliun. Pembangunan akan dimulai pada tahun 2020 dan ditargetkan selesai pada 2025. (R01)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index