Antisipasi Karhutla, Ini yang Dilakukan Pemkab Kuansing

Antisipasi Karhutla, Ini yang Dilakukan Pemkab Kuansing
TALUKKUANTAN (RIAUSKY.COM) - Untuk mengatasi karhutla yang selalu terjadi setiap tahun,  Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) akan membeli satu unit mobil pemadam kebakaran (damkar).
 
"Damkar baru ini, akan difungsikan juga untuk membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang kerap terjadi di Kuansing," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kuansing, Erdiansyah, S.Sos.
 
Erdiansyah mengaku Sebenarnya Satpol PP mengusulkan peralatan Damkar yang lengkap, ada mobil Damkar seperti bisa yang dilihat, mobil tangga, dan mobil penerobos. Tapi hingga saat ini belum dapat dipastikan bagaimana mobil Damkar yang akan dibeli hanya saja dipastikan baru mobil Damkar.
 
Tak hanya membuituhkan mobil damkar, Satpol PP juga butuh mobil tangga.Sebab dapat bergerak elastis di kawasan hutan saat memadamkan kebakaran. Begitu juga dengan mobil penerobos.
 
"Alhamdulillah, ada satu unit mobil Damkar untuk Karhutla yang akan dibeli. Sehingga, tidak menggunakan Damkar lain. Maklum kasus kebakaran tidak hanya Karhutla namun juga ada kebakaran rumah, lahan dan sarana pemerintah dan swasta," ujarnya.
 
Menurutnya Kuansing merupakan salah satu daerah yang rawan terjadi Karhutla, sehingga perlu penambahan Damkar dan peralatan. "Pak Bupati Kita kan juga diundang ke Istana oleh Presiden Jokowi untuk ikut Rakornas antisipasi Karhutla kemarin," tambahnya.
 
Di samping armada Damkar milik Pemkab, Damkar milik perusahaan juga bisa digunakan jika jika terjadi kebakaran," tukasnya. (R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index