Digagas Jokowi, Hampir Semua Kampus di Pekanbaru Setuju Pendirian Asrama Mahasiswa Nusantara

Rabu,23 Oktober 2019 | 19:51:58 WIB
Digagas Jokowi, Hampir Semua Kampus di Pekanbaru Setuju Pendirian Asrama Mahasiswa Nusantara
Ket Foto : Ilustrasi

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Mengingat banyaknya mahasiswa yang menimba ilmu di Kota Pekanbaru, membuat Presiden Indonesia, Joko Widodo meluncurkan niat untuk mendirikan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) demi mengurangi beban mahasiswa.

Rencana ini kemudian masuk dalam Peraturan Presiden yang harus dilaksanakan. 

Selaku anggota yang diutus oleh Presiden, Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Ikhsan Tanggok datang berkunjung dan mengadakan rapat bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, Tokoh Masyarakat, Lembaga Adat Melayu Riau dan Wakil Rektor dari beberapa universitas yang ada di Kota Pekanbaru, pada Rabu (23/10/19) di Ruang Rapat Kenanga Kantor Gubernur Riau.

Ikhsan mengatakan, rencana pembangunan AMN ini akan diserahkan sepenuhnya kepada Pemprov Riau.

"Kami datang untuk memberikan informasi rencana pembangunan AMN ini setelah itu terserah Pemprov mau dilokasikan dimana, apakah lokasinya di area kampus atau dimana saja yang di anggap strategis bagi mahasiswa," terang Ikhsan.

Selaku Wakil Rektor III yang diwakili oleh Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau, Nursalim menyambut baik adanya rencana itu dan mengaku welcome jika asrama itu ditempatkan di kampus UIN Suska.

"Kami sangat merasa bangga seandainya kampus UIN Suska bisa dipercaya menjadi tempat pembangunan AMN ini," tutur Nursalim.

Ia mengaku, walaupun di UIN Suska sudah ada dua asrama, namun kampus UIN Suska masih membutuhkan asrama lagi untuk mahasiswanya.

"Apalagi ini namanya Asrama Mahasiswa Nusantara, kami semakin bangga jika didirikan di UIN Suska, sebab banyak mahasiswa dari luar daerah bahkan luar negeri yang belajar di UIN Suska dan pembangunan AMN ini sangat membantu," terangnya.

Menurut Nursalim, AMN ini akan sangat membantu ekonomi mahasiswa apalagi dari kalangan kurang mampu. Selain kampus UIN Suska, kampus lainpun seperti Universitas Riau (UNRI), Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), Universitas Lancang Kuning (Unilak), dan Universitas Islam Riau (UIR) sependapat dengan UIN Suska bahwa mereka setuju dan menyambut baik adanya rencana pembangunan asrama ini dan masing-masing mengingkan pendiriannya dikampus mereka serta juga mengingat terlalu banyak mahasiswa di Kota Pekanbaru yang menimba ilmu. (R07/MCRiau).


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS