Mantan Wakil Menteri Perdagangan Beri Motivasi Mahasiswa FP UIR

Mantan Wakil Menteri Perdagangan Beri Motivasi Mahasiswa FP UIR

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Busang pertanian pada hakikatnya tidak bisa instan melainkan harus menumbuhkan dulu. Dalam proses tumbuh dan berkembang tersebut harus melewati proses belajar dalam 4 hal yaitu Learn how to:  be,  know, do dan live together.

Hal itu disampaikan Pakar Agribisnis yang juga Mantan Wakil Menteri Perdagangan, Dr. Bayu Krisnamurthi saat memberikan Kuliah Motivasi Kewirausahaan pada acara Milad ke 42 Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Islam Riau (UIR), Jumat pagi (25/10/2019) di Aula Faperta UIR, Perhentian Marpoyan, Pekanbaru.

''Menjadi wirausaha terlebih dulu harus menemukan manfaat hidup yakni mengabdi kepada Allah. Kemudian harus diikuti dengan memasang niat yang  kuat, memiliki keahlian, passion dan berke-Tuhanan,'' ujar Krisnamurthi. 

Krisnamurthi menyebut, semua orang harus memiliki nilai dan budaya  sehingga dapat memahami masa depan. Dalam bidang pertanian,  masalah pemasaran sebenarnya tak ada masalah lagi karena produk pertanian diperlukan sepanjang masa.

Pengurus Pusat Perhepi itu menambahkan, diperlukan kesiapan mentalitas seseorang terutama para mahasiswa bila ingin mendalami dunia kewirausahawan.

"Setiap mahasiswa harus memiliki skill yakni Skill  Literacy (membaca), Numeracy (memahami angka), Scientific Literacy (membaca laporan ilmiah), ICT Literacy (melek IT), dan Cultural and Civic Literacy (budaya)," ujarnya.

Selain itu, lanjut Krisnamurthi, diperlukan pula, ketrampilan lain seperti berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, kolaborasi dan  kerjasama serta punya inisiatif.

''Dalam berbisnis harus bisa  hidup bersama-sama, mengutamakan etos 'berkita'. Segala sesuatu harus dimulai dengan melihat  persamaan, kemudian coba fahami dan harus bisa menerima perbedaan,menghormati  yang lain, terus belajar dan mau membantu,'' ungkapnya.

Acara yang dimoderatori oleh Ur. A. Z. Fachri Yasin, M.Ag itu turut  dihadiri Rektor UIR diwakili WR II, Dr. Ir. Asrol, M.Si,  Kadis Pertanian Tanaman Pangan Kota Pekanbaru, Dekan Faperta UIR, Dr. ir. Ujang Paman, M.Ag, Guru Besar, Prof. Dr. Muchtar Ahmad, M.Sc, beberapa Mantan Dekan Faperta seperti Prof. Dr. Tengku Dahril, M.Sc, Ir. T. Iskandar Johan, M.Si, Ir. Zulkifli, MS, ratusan mahasiswa dan  tamy undangan lainnya. (R05/MCRiau)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index