Terlalu! Pura-pura Test Drive, Pria Ini Bawa Kabur dan Jual Honda Jazz, Uangnya untuk Beli Xpander

Terlalu! Pura-pura Test Drive, Pria Ini Bawa Kabur dan Jual Honda Jazz, Uangnya untuk Beli Xpander
Petugas menunjukkan tersangka pencuri mobil di Mapolres Sleman, Yogyakarta, Sabtu (26/10/2019). SINDOnews/Priyo Setyawan

RIAUSKY.COM - Satreskrim Polres Sleman menangkap seorang pria berinisial ND (39), warga Tangerang, Banten, karena membawa kabur dan menjual mobil Honda Jazz milik IM, warga Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. ND membawa kabur dan menjual mobil tersebut dengan modus pura-pura test drive.

Kasat Reskrim Polres Sleman, AKP Rudy Prabowo mengatakan, terungkapnya kasus ini berawal dari laporan korban IM, Selasa 9 September 2019. Dia melaporkan ada seseorang yang akan membeli mobil Honda Jazz miliknya dan membawa kabur mobil itu.

Pelaku saat test drive mobil tidak dikembalikan. Celakanya, saat test drive ND membawa serta surat-surat dan dokumen mobil tersebut.

“Penjual memberikan mobil dan surat-suratnya, karena pelaku meninggalkan mobil Toyota Innova yang dibawanya. Ternyata mobil yang ditinggal itu, bukan milik ND, melainkan mobil rental,” kata Rudy, Sabtu (26/10/2019) sebagaimana dilansir dari Sindonews.com.

Rudy menjelaskan, mendapat laporan tersebut petugas menindaklanjuti dengan melakukan pengembangkan penyelidikan. Di antaranya dengan meminta keterangan pelapor dan mengumpulkan data pendukung yang berhubungan dengan kasus ini.

Dari data tersebut, akhirnya menangkap ND di tempat tinggalnya di Tangerang, Banten, Sabtu 31 Agustus 2019 dan membawanya ke Sleman. Dari hasil pemeriksaan, ND sudah empat kali melakukan tindakan tersebut.

“Motifnya sama, pura-pura membeli mobil dengan test drive. Untuk menyakinkan pembeli meninggalkan mobil yang dibawanya. Mobil yang ditinggal adalah mobil rental,” tuturnya.

ND dijerat pasal 378 KUH dan 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. ND dihadapan petugas mengatakan melakukan tindakan itu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Modusnya dengan membawa rental mobil dan digunakan sebagai jaminan kepada penjual mobil. Sedangkan mobil Jazz warga Sleman dijual Rp175 juta. “Uangnya untuk membeli mobil Xpander dan memenuhi kebutuhan sehari-hari,” katanya. (R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index