Yoserizal Ajak Masyarakat Lestarikan Bahasa Indonesia

Rabu,30 Oktober 2019 | 10:06:36 WIB
Yoserizal Ajak Masyarakat Lestarikan Bahasa Indonesia
Ket Foto :

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan Provinsi Riau, Raja Yoserizal Zein mengajak masyarakat untuk melestarikan Bahasa Indonesia dalam segala bidang.

Hal tersebut disampaikannya saat memberikan kata sambutan pada acara Rapat Koordinasi (Rakor) Center Of Excellence (COE) budaya lokal se-Sumatera yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau, di Premiere Hotel Pekanbaru, Selasa (29/10).

Yoserizal menjelaskan, banyak sekali penggunaan bahasa asing dikalangan masyarakat Riau, sehingga mengakibatkan penurunan pemakaian Bahasa Melayu bahkan Bahasa Indonesia sendiri.

Pembauran bahasa tersebut, lanjutnya, membuat banyak anak muda tidak mengerti dan enggan menggunakan Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

"Sekolah masih ada yang menggunakan bahasa asing, acara ini juga pakai bahasa asing. Harusnya kita bangga menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar," ungkapnya.

Ia menambahkan, Riau sendiri sebenarnya penyumbang kosakata terbesar untuk Bahasa Indonesia. Namun karena kurangnya penggunaan Bahasa Melayu dan Bahasa Indonesia membuat hal tersebut tidak diakui oleh Balai Bahasa Indonesia.

"Saya bersikukuh untuk mewujudkan Riau penyumbang kosakata terbanyak, karena masih kurang penggunaan Bahasa Indonesia di Riau jadinya kita kalah," terang Kadis Kebudayaan ini.

Menurutnya, tidak ada yang salah jika masyarakat menguasai bahasa asing. Namun, ia menegaskan pentingnya mempertahankan jati diri bangsa dan menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa yang diakui dunia.

"Boleh bisa berbahasa asing, tidak ada yang salah. Tapi ingat, budaya dan kearifan lokal harus tetap dijaga," katanya.

Kedepannya, Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Riau bersama Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) Provinsi Riau akan terus menggalakkan penggunaan Bahasa Indonesia dalam segala aspek di kehidupan masyarakat Riau serta memasukkan kearifan budaya melayu dalam berbagai bidang.

"Kedepannya kita akan terus berupaya menerapkan Bahasa Indonesia dan melestarikan budaya melayu," tuturnya. (R07/MCRiau)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS