Demokrat dan PAN Tak Jelas, Nasdem Dekati PKS, Pengamat: Cerdas Dalam Manfaatkan Momentum

Demokrat dan PAN Tak Jelas, Nasdem Dekati PKS, Pengamat: Cerdas Dalam Manfaatkan Momentum

RIAUSKY.COM - Partai Nasdem dinilai cerdas dalam memanfaatkan momentum untuk mengambil peran besar di panggung politik nasional. Memanfaatkan ketidaktegasan Partai Demokrat dan PAN dalam menentukan sikap politik.

Kecerdasan yang dimaksud ialah pertemuan petinggi Nasdem yang dipimpin Surya Paloh dengan PKS di Kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (30/10).

Director for Presidential Studies-DECODE UGM, Nyarwi Ahmad mengatakan, ketidaktegasan Demokrat dan PAN dalam menentukan sikap dimanfaatkan oleh Surya Paloh dengan bertemu kubu PKS yang lantang tetap menjadi oposisi pemerintahan Jokowi-Maruf.

"Sikap PAN dan PD (Partai Demokrat) yang tidak tegas dalam menentukan sikap tersebut di satu sisi dan sikap lantang PKS sebagai blok oposisi bisa memberikan peluang bagi Nasdem untuk mengambil peran lebih besar," ucap Nyarwi Ahmad kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (31/10).

Bahkan kata Nyarwi, Nasdem seperti ingin mendapatkan panggung politik lebih besar, dengan mendekati partai berbasis Islam yang menjadi oposisi sejak periode pemerintahan Presiden Jokowi itu.

"Nasdem sepertinya berusaha untuk mendapatkan panggung politik lebih besar di tengah kejumudan posisi parpol-parpol yang ada. Baik yang sudah masuk ke koalisi Jokowi atau Kabinet, maupun yang menjadi parpol utama blok non-Pemerintah atau oposisi," ungkapnya. (R02)

Sumber: RMOL.id

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index