Wakil Wali Kota Pekanbaru Ziarah ke Makam Pahlawan Sempena HUT TNI ke-74

Wakil Wali Kota Pekanbaru Ziarah ke Makam Pahlawan Sempena HUT TNI ke-74
Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi Ssi saat ziarah makam pahlawan 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Wakil Wali Kota Pekanbaru H Ayat Cahyadi S.Si melakukan ziarah dan menabur bunga di Makam Pahlawan Kasuma Dharma yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Jumat (4/10/2019) pagi.

Ziarah dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Tentara Nasional Indonesia (TNI) ini juga dihadiri Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, petinggi TNI di wilayah Riau dan Forkopimda.

Kegiatan itu diawali dengan upacara dan peletakan karangan bunga di makam pahlawan yang dipimpin Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Marsma TNI Ronny Irianto Moningka.

Usai berziarah, wawako menyampaikan bahwa kegiatan itu merupakan momentum dalam rangka mengenang jasa para pahlawan yang dahulunya berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

"Dirgahayu TNI ke-74. Kita harus ingat, kemerdekaan sekarang adalah hasil perjuangan pejuang kita terdahulu," ucap Ayat.

Kepada generasi muda, Ayat mengajak untuk mengisi perjuangan para pahlawan dengan berbagai kegiatan positif. "Karena saat ini generasi penerus tinggal melanjutkan saja perjuangan pahlawan tidak dengan berperang," sebut Ayat.

"Di hari jadi TNI yang ke-74 tahun ini, saya berharap TNI semakin berjaya, kuat serta selalu solid dalam menjalankan tugas negara menjaga keutuhan NKRI," tambah Ayat. 

Ikut dalam Ziarah Nasional Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution, Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Muhammad Fadjar, Kapolda Riau diwakili Irwasda Kombes Pol Mhd Zainul Muttaqin, Kabinda Riau Marsma TNI Bambang Nurwicahyo, Danlanal Dumai Kolonel Wahyu Dili Yudha Hadianto, Kajati Riau diwakili Wakajati Mia Amiati, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, para pejabat dijajaran TNI, Ibu-ibu Persit dan  Dharma Pertiwi Provinsi Riau serta pasukan dari masing-masing angkatan.

Sementara itu, Komandan Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka ST MM, didapuk pimpin upacara Ziarah Nasional yang dilaksanakan Jumat (4/10). 
Diawali penghormatan kepada arwah Pahlawan, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga, doa, penghormatan terakhir kepada arwah pahlawan dan dilanjutkan tabur bunga oleh pimpinan Ziarah berserta undangan.

"Sebagai bangsa yang baik dan berdaulat, khususnya bagi para prajurit TNI tentunya mentauladani sikap, prilaku, semangat kejuangan pantang menyerah sebagai bentuk komitmen menghargai jasa pahlawan" kata Danlanud.

Dilanjutkannya, meneladani perjuangan pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari, kegiatan itu juga harus menjadi momentum bagi semua pihak untuk melakukan introspeksi diri.

"Melalui Ziarah Nasional ini, saya ingin semuanya mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai NKRI yang sejahtera, adil, dan makmur," tegas Danlanud lagi.

Dijelaskannya juga, bahwa semangat perjuangan pahlawan hendaknya, sebagai insan TNI harus mampu mentranformasikan diri dalam kehidupan bermasyarakat, artinya telah menghargai jasa para pahlawan sebagai kusuma bangsa, terutama pendiri dan pahlawan TNI.

"Saya mengajak seluruh prajurit TNI  untuk berbuat yang terbaik bagi rakyat dan bangsa ini sesuai dengan tema,"TNI Profesional Kebanggaan Rakyat", oleh karena itu mari kita berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara," pungkasnya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index