Besok Malam, Gubri dan Wagubri Bakal Terima Penghargaan Khusus dari Komisi Informasi Riau

Besok Malam, Gubri dan Wagubri Bakal Terima Penghargaan Khusus dari Komisi Informasi Riau

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau bakal menggelar Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik pada Kamis (28/11/2019) malam, di Hotel Grand Central, Pekanbaru.

Namun yang menarik, pada tahun ini KI akan memberikan penghargaan khusus kepada 4 tokoh penting yang dinilai memberikan pengaruh positif, dalam mendorong keterbukaan informasi publik di Negeri Lancang Kuning. 

Empat tokoh itu, yakni Gubernur Riau Syamsuar MSi, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, mantan Penjabat Sekdaprov Riau Ahmad Syah Harrofie, dan Bupati Inhu Yopi Arianto.

Informasi ini disampaikan Komisioner Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi KI Provinsi Riau, Alnofrizal kepada pers, Rabu (27/11/2019) di Pekanbaru. 

"KI Award ini untuk memberikan apresiasi kepada badan publik yang telah melaksanakan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik," katanya. 

"Tapi pada tahun ini, ada yang berbeda. Kita sengaja memberikan apresiasi kepada 4 tokoh yang kita nilai akibat kebijakannnya memberikan pengaruh positif terhadap keterbukaan informasi publik di Riau," ulas Alnof.

Dia menambahkan, selain penghargaan untuk 4 tokoh di atas, seperti biasa, KI akan memberikan penghargaan kepada lima kelompok badan publik. Antara lain badan publik pemerintah kabupaten/kota, perguruan tinggi, BUMD, partai politik dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov Riau. 

"Ini kategori badan publik yang akan kita berikan penghargaan, mana badan publik yang telah menjalankan amanah undang-undang dengan baik, sudah terbuka dan transparan dalam tata kelola informasi publik," terangnya. 

"Jadi badan publik terbaik yang kita panggil untuk mendapatkan penghargaan dari KI Riau," cakapnya lagi. 

Alnofrizal menjelaskan, KI Award ini merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun oleh KI Riau sejak 2012 lalu. 

"Malam puncak KI Award akan dihadiri ketua KI pusat, KI provinsi, dan tamu undangan lainnya termasuk Gubernur dan kepala daerah lainnya," tutupnya. (R07/MCRiau)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index