Peringatan Hari Guru dan HUT PGRI ke-70, Wako Firdaus: Terima Kasih Guru...

Kamis, 28 November 2019 | 11:51:50 WIB
Peringatan Hari Guru dan HUT PGRI ke-70, Wako Firdaus: Terima Kasih Guru...
Ket Foto :

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pemerintah kota Pekanbaru menggelar peringatan HUT PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) ke 70 dan Hari Guru Nasional di halaman kantor Walikota Pekanbaru. 

Dalam peringatan tersebut, Walikota Pekanbaru DR.H. Firdaus ST.MT Bertindak sebagai pemimpin upacara yang diikuti oleh seluruh guru dan seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah kota Pekanbaru.

Dalam sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang dibacakan Walikota Pekanbaru DR. H. Firdaus ST. MT menjelaskan guru merupakan tonggak atas suksesnya generasi muda bangsa dalam menggapai ilmu pengetahuan yang didapat dari dunia pendidikan.

Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke 70 Tahun 2015 Di Kota pekanbaru mengangkat tema "mantapkan Soliditas dan solidaritas PGRI sebagai Organisasi Profesi guru yang kuat dan bermatabat".

Menurut Walikota Pekanbaru momentum HGN dan HUT PGRI ke 70 Tahun 2015 sangat baik untuk tumbuh kembangkan anak mulai dari usia dini hingga perguruan tinggi yang merupakan modal utama bagi bangsa dan negara dalam mencetak generasi muda bangsa yang berkualitas di berbagai disiplin ilmu.

Disisi lain, momentum hari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-74 pada tanggal 25 November 2019 bagi Wali Kota Pekanbaru, DR. H. Firdaus, ST, MT tidak sekedar memaknai Guru sebagai Pahlawan tanpa tanda jasa.

Sedikit mundur kebelakang, orang nomor satu di Pekanbaru ini sangat terinspirasi dari sosok Oemar Bakri yang sudah berhasil menciptakan masyarakat yang cerdas dan kreatif.

"Guru ini bukan sekedar pahlawan tanpa tanda jasa, tapi mereka adalah pencipta dan penemu masyarakat kita saat ini. Tidak sedikit hasil karya guru sudah berhasil mengharumkan nama negara kita semua. Bisa dikatakan, semua guru disini adalah tokoh pendidikan yang menciptkan kita semua disini," ujar Wali Kota.

Wali kota Pekanbaru juga sedikit bernostalgia saat dia masih menjadi pelajar. Menurutnya, guru lah yang mendidik dia menjadi seperti saat ini. Mulai dari belajar membaca hingga berhitung. 

Bahkan, Wako juga mengakui hingga saat ini dia masih mengingat siapa gurunya sejak di Sekolah dasar hingga meraih gelar Doktor.

Wako juga mengucapkan terimakasih atas seluruh jasa tenaga pendidik yang masa lalu, masa kini dan akan datang.

"Tidak cukup hanya terimakasih sebenarnya atas jasa para pahlawan tanpa tanda jasa ini. Sampai kapanpun, mereka selalu ada di hati kita semua dan sampai kapanpun mereka selalu menjadi pahlawan kita. Selamat hari guru dan Terimakasih atas jasamu Guru," ucapnya.


Firdaus sadar bahwa semakin hari, beban para guru semakin berat. Untuk itu dirinya, meminta para guru untuk bersifat ikhlas demi memajukan kehidupan bangsa untuk generasi kedepan.

"Guru jelas adalah seorang pionir, di tangan gurulah akan hadir calon sumber daya manusia yang akan berkualitas kedepannya. Bangsa yang cerdas juga peran dari tangan dingin seorang guru," sampainya.

Terkhusus untuk guru di Pekanbaru, Wali Kota dua periode ini mempunyai tips bagaimana menciptakan generasi milenial yang mandiri, tangguh dan berdaya saing.

Firdaus menyampaikan bahwa guru mestinya memiliki mindset yaitu tidak hanya sebagai seorang kepala sekolah, melainkan juga seorang pemimpin perusahaan yang mempoduksi produk yang berkualitas yaitu sumber daya manusia.

Terakhir, Firdaus mengucapkan ribuan terimakasih untuk para semua guru. "Selamat hari guru, semoga niat tulus ikhlas para guru, akan menjadi amal ibadah mereka," pungkasnya. (R05)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS