Progres Masih 85 Persen, Hutama Karya Targetkan Tol Pekanbaru-Dumai Tuntas Maret 2020

Progres Masih 85 Persen, Hutama Karya Targetkan Tol Pekanbaru-Dumai Tuntas Maret 2020

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - PT Hutama Karya mengkonfirmasi kalau rencana pengoperasian Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer pada akhir 2019 ini sulit terwujud. 

Pasalnya, hingga kini progres pengerjaan masih 85 persen dan masih ada proses pembebasan lahan yang belum tuntas di seksi 3 dan 4.

Hal ini diungkapkan Sekretaris PT Hutama Karya (HK) M Fauzan kepada wartawan saat menghadiri diskusi panel tentang Jalan Tol, Kamis (28/11/2019) di Pekanbaru.

Dijelaskan M Fauzan, jika tetap di operasikan, kemungkinan dilakukan secara bertahap yakni di mulai dari seksi 1 yang menghubungkan Pekanbaru-Minas (Kabupaten Siak).

"Panjang tol keseluruhan 131 kilometer, progres sudah 85 persen. Untuk pengoperasiannya pintu tol di seksi 1 sudah bisa dilalui tahun ini. Sedangkan untuk seksi 3 dan 4 belum selesai pengerjaan karena belum selesai pembebasan lahannya. Kalau untuk seksi 5 dan 6 sudah selesai," jelasnya.

Disinggung kapan akan selesai seluruh progres jalan tol Pekanbaru-Dumai, Fauzan mengatakan, paling lambat pada bulan Maret 2020 sudah selesai pekerjaan. Namun sebelum dibuka perlu dilakukan ujicoba atau kelaikan jalan yang baru dibangun.

"Ditargetkan di bulan Maret ada beberapa lokasi yang masih perlu diselesaikan. Kalau untuk seksi 1 sepanjang 12,5 Kilometer, sudah bisa dilalui tapi perlu ujicoba dulu. Bisa saja di awal Januari minggu kedua bisa dibuka, kalau hanya seremonialnya saja bisa dilakukan," jelasnya.

Terkait dengan belum selesainya pembebasan lahan di seksi 3 dan 4, Fauzan mengatakan, untuk pembebasan lahan menjadi tanggungjawab dari Kementerian PUPR dan juga BPN. 

"Karena proyek ini merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) dari Presiden. Jika terjadi kendala di lapangan masyarakat yang tidak menerima pembebasan, semuanya ditangani oleh tim," tegasnya. (R07/MCRiau)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index