Biar Cerdas, Wako Firdaus Ajak Warga Pekanbaru Galakkan Gemar Makan Ikan

Jumat,29 November 2019 | 08:16:01 WIB
Biar Cerdas, Wako Firdaus Ajak Warga Pekanbaru Galakkan Gemar Makan Ikan
Ket Foto : Wali Kota saat menghadiri Festival Gemarikan di Halaman Kantor Camat Rumbai

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Ciptakan generasi masa depan yang sehat dan cerdas, Wali Kota Pekanbaru, DR. H. Firdaus, ST,  MT mengajak warga Pekanbaru untuk gemar makan ikan.

Ajakan tersebut disampaikannya pada saat membuka kampanye gerakan masyarakat makan ikan (GEMARIKAN) di halaman Kantor Camat Rumbai, Selasa (26/11).

"Untuk membangun masyarakat yang cerdas ini dimulai dari anak usia dini. Dalam pembentukan IQ, sangat dibutuhkan omega 3 yang terkandung dalam ikan. Untuk itu, mari kita membudayakan makan ikan mulai dari keluarga kita,"

Katanya, konsumsi ikan di Kota Pekanbaru masih di bawah 40 kilogram per kapita per tahun, atau di bawah rata-rata konsumsi ikan nasional.

"Rendahnya konsumsi ikan ini tidak hanya di Pekanbaru, tapi juga di seluruh kabupaten/kota di Indonesia," ujarnya.

Jika dibandingkan dengan tingkat konsumsi ikan negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura, konsumsi ikan di Indonesia masih jauh tertinggal, sebutnya.

"Di Malaysia dan Singapura, konsumsi ikan disana sudah di atas 40 kg per kapita per tahun. Belum lagi di Jepang dan Korea yang sudah mencapai angka 140 kg per kapita per tahun," jelasnya.

Ditambahkannya, sayang rasanya, bangsa kita belum menjadikan ikan sebagai makanan kebtuhan tubuh. Makanya, kita ingin mengajak masyarakat khususnya di Pekanbaru mengkosumsi ikan.

Diterangkan Wako, pada saat kecil dia sendiri kerap makan ikan. Tidak mau meninggikan kemampuannya, Wako hanya meminta anak-anak Pekanbaru bisa melihat hasil dari makan ikan yang wako lakukan.

'Setidaknya Indonesia bisa meningkat kosumsi ikan 80 Kg perkapita per tahun dan bisa memberikan saingan dengan negara lainnya. Karena itu, Pekanbaru ini jadi salah satu penyumbang persentasi tersebut. Saya yakin, dengan begitu, saya yakin masyarakat Pekanbaru bisa cerdas, kreatif dan inovotif. Mari galakkan makan ikan kepada anak-anak kita,' ajar Wako. (R05)

Iklan Pajak Reklame Bapenda Pekanbaru



FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS