8,5 Hektare Lahan Gambut di Bungaraya Siak Terbakar

8,5 Hektare Lahan Gambut di Bungaraya Siak Terbakar
Petugas melakukan upaya pemadaman kebakaran lahan gambut.

SIAK (RIAUSKY.COM)- Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) menghanguskan 8,5 hektare lahan di  Kampung Tuah Indrapura, Kecamatan Bungaraya, Selasa (10/12/2019).

Kebakaran terjadi di arela semak belukar bertanah gambut milik masyarakat yang berbatasan langsung dengan konsesi PT Teguh Karsa Wana Lestari (TKWL), Bungaraya. 

Belum diketahui penyebab kebakaran lahan dalam luasan cukup besar tersebut. Namun, asap tebal tampak menutupi kawasan di sekitar kampung Tuah Indrapura.

Dilaporkan lokasi kebakaran  berada pada koordinat N 0.9988 E 102.0179.

Sementara pihak terkait dari Manggala Agni, BPBD dan kepolisian dan perusahana tampak berupaya keras melakukan pemadaman kobaran api di lahan gambut tersebut. 

 "Ya, tim kami sudah turun ke lokasi bersama tim pemadam lainnya serta masyarakat setempat," kata Kepala Daops Manggala Agni Siak dilansir dari Tribunpekanbaru.

Ia menjelaskan, jenis tanah yang terbakar adalah gambut dan vegetasinya semak belukar dan kelapa sawit.

Pihaknya belum mengetahui indikasi kebakaran itu.

"Jenis kebakarannya permukaan dan bawah tanah. Kita cek status lahan masih milik masyarakat," kata dia.

Karena Siak dilanda musim hujan, persediaan air cukup banyak di sekitar areal kebakaran.

Sementara itu, Kapolsek Bungaraya AKP Amarllulah menjelaskan bahwa kebakaran itu terjadi pada malam hari, dan diketahui masyarakat pada waktu subuh. 

"Kita sudah mengimbau semua warga untuk berhati-hati. Apabila mereka ke kebun atau ke hutan untuk tidak melakukan hal-hal yang mengakibatkan kebakaran. Lebih baik mencegah sebelum terjadinya kebakaran," ujar dia.

Hingga berita ini ditulis, tim gabungan Manggala Agni, TNI/Polri dan Masyarakat Peduli Api (MPA) masih melaksanakan kegiatan pemadaman di lokasi.(R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index