Diskominfotik Gelar Rakornis Kominfo se-Riau di Siak

Diskominfotik Gelar Rakornis Kominfo se-Riau di Siak
Kadis Kominfotik Riau Yogi Getri Saat membuka Rakornis Kominfo se Provinsi Riau di Grand Mempura Hotel Siak, (Kamis, 12/12/2019)

SIAK (RIAUSKY.COM) - Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Komunikasi Informatika dan Statistik se-Provinsi Riau Tahun 2018 di Grand Mempura Hotel Siak , Kamis (12/12/2019).

Rakornis Komunikasi Informatika dan Statistik se Provinsi Riau tahun 2019 mengangkat tema "Sinergitas dan Sinkronisasi urusan Komunikasi, Informatika Statistik dan Persandian Berdasarkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)”.

Kepala Dinas Komunikasi  Informatika  dan Statistik (Kadis Kominfotik) Provinsi Riau Yogi Getri saat membuka Rakornis mengatakan, penerapan teknologi informasi dan komunikasi pada setiap perangkat organisasi pemerintah baik provinsi mauoun kabupaten kota saat ini mutlak diperlukan untuk meningkatkan percepatan arus informasi.

"Hal ini merupakan sebuah proses menuju reformasi birokrasi di sektor pelayanan pemerintahan," ungkapnya.

Kemudian ia menjelaskan, revolusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memberikan peluang bagi pemerintah untuk melakukan inovasi pembangunan aparatur negara melalui penerapan SPBE.

Penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan TIK akan memberikan layanan kepada instansi pemerintah, Aparatur Sipil Negara, pelaku bisnis, masyarakat dan pihak-pihak dengan mudah, cepat dan efisisen.

Pemerintah Provinsi  terus berupaya mengembangkan SPBE dengan bersinergi dengan kabupaten/kota, agar pelayanan birokrasi pemerintahan berjalan baik  penerapan e government terus ditingkatkan.

SPBE ini sedang dipacu untuk kabupaten kota se Provinsi Riau agar masyarakat bisa mudah mengakses serta mengetahui apa saja yang dilakukan pemerintah saat ini.

"Saat ini Diskominfotik Riau memiliki rumah data yang adadi Statistik, sehingga data data yang ada kita kumpulkan dalam sistem yang dibuat sehingga data tersebut tersusun dengan aman," terangnya.

"Kami juga menyediakan aplikasi e office  yang kami bagi pakai untuk kabupaten kota se provinsi Riau yang ingin menggunakannya dalam penerapan SPBE," tutupnya.

Sementara itu, ketua panitia Rakornis Kominfo dan Statistik tahin 2019 yang juga Sekretaris Diskominfotik Riau Lili Irianti menjelaskan bahwa tujuan Rakornis ini adalah Membahas permasalahan pelaksanaan SPBE, menyamakan persepsi dalam rangka mengatasi permasalahan pelaksanaan e government di daerah untuk membangun percepatan reformasi birokrasi di pemerintahan pusat, provinsi dan kabupaten/kota.

"Rakornis Tahun 2019 ini berjumlah 65 orang yang berasal dari, Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau, Bappeda Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau, Bagian Humas Setda Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau dan Pejabat Eselon III dan IV di Lingkungan Diskominfo dan Statistik Provinsi Riau," tutupnya. (R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index