Gubri Launching Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Provinsi Riau

Gubri Launching Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Provinsi Riau
Gubernur Riau, Syamsuar melaunching Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Provinsi Riau (Riau Scince Center)

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Gubernur Riau, Syamsuar melaunching Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Provinsi Riau (Riau Scince Center), di Kantor Balitbang Provinsi Riau, Selasa (17/12/2019).

Science Center Provinsi Riau ini nantinya diharapkan menjadi sarana yang dapat menampung kegiatan edukasi yang bersifat rekreatif dengan tujuan memerkenalkan dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Dalam sambutannya Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan atas nama Pemerintah Provinsi Riau dan Masyarakat Riau, saya mengucapkan terima kasih kepada Kementrian Ristek / BRIN yang telah mendukung pendirian Pusat Peragaan Iptek (Science Center) di Provinsi Riau ini, melalui bantuan / hibah alat peraga iptek yang tentu sangat bermanfaat sebagai langkah awal pengembangan Riau Science Center ini ke depan. 

"Kami sangat mendukung Science Center ini di Provinsi Riau, karena sejalan dengan Visi Provinsi Riau Tahun 2019 2024 yakni “Terwujudnya Riau yang Berdaya Saing, Sejahtera, Bermartabat, dan Unggul di Indonesia” (RIAU BERSATU)," Ungkapnya.

Syamsuar menyatakan disamping itu juga mendorong tumbuhnya minat dan apresiasi terhadap Iptek bagi anak-anak usia sekolah dengan bermain sambil belajar serta rekreasi dengan cara berimajinasi, melakukan percobaan alat peragaan yang mendukung perkembangan dan pertumbuhan mental sosial anak dalam suasana yang menyenangkan, nyaman dan aman sesuai dengan karakteristik anak yaitu dinamis, kreatif, non formal dan terarah.

Syamsuar menambahkan Pada era revolusi industri 4.0 saat ini, ditandai dengan peran teknologi dalam mengambil alih hampir sebagian besar aktifitas perekonomian. Kompetensi SDM dalam menyongsong Revolusi Industri 4.0 tidak bisa ditawar lagi. Kompetensi SDM terkait perubahan dunia kerja adalah kunci sukses bila tidak ingin menjadi penonton dalam Revolusi Industri 4.0 di mana terjadi perubahan yang begitu cepat dan masif. 

"Di sisi lain terjadinya kemajuan Iptek yang ada belum didukung oleh kemajuan masyarakatnya dalam menguasai pengetahuan tentang teknologi yang berkembang saat ini, salah satu faktor penyebabnya adalah belum tersedianya fasilitas pendukung yang memadai bagi masyarakat kita khususnya kaum pelajar untuk lebih tahu, mengenal, mempelajari, ataupun menciptakan sebuah penemuan yang berhubungan dengan kemajuan teknologi" tambahnya.

Rencana Pemerintah Provinsi Riau pada tahun 2020 akan menggabungkan Badan Penelitian dan Pengembangan dengan Bappeda, namun fungsi Litbang sebagaimana amanah UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah masih tetap ada. Dengan demikian kedepan, keberadaan Science Center ini akan berada dibawah tanggung jawab Bappedalitbang Provinsi Riau. 

"Pada kesempatan ini, saya selaku Gubernur Riau ingin menyampaikan terimakasih yang tinggi kepada Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Riau beserta jajarannya yang telah mampu membawa beberapa program strategis Kementerian Ristek ke Provinsi Riau antara lain; Program Pembangunan Science Techno Park, Program Klaster Inovasi, Pusat Peragaan Iptek serta Program Perusahaan Pemula Berbasis Inovasi (PPBT)" Ucapnya.

Di samping itu, Balitbang Provinsi Riau telah berhasil menghantarkan Pemerintah Provinsi Riau meraih penghargaan Innovation Government Award (IGA) Tahun 2019 dari Menteri Dalam Negeri RI sebagai salah satu Provinsi Terinovatif di Indonesia. 

"Terakhir pada tanggal 2 Desember 2019 kemarin, Balitbang Provinsi Riau juga berhasil mendapat Apresiasi dari Kementerian Ristek / BRIN sebagai Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BPPD) Berkinerja Utama Tahun 2019. lni merupakan penghargaan yang keempat kalinya yang diterima oleh Balitbang Provinsi Riau sejak Tahun 2016, 2017, 2018 dan 2019 ini. Sekali lagi kami ucapkan selamat atas prestasi ini" .

Selajutnya melalui kesempatan ini, kami berharap keberadaan Riau Science Center ini dapat didukung oleh perguruan tinggi, instansi sektoral, serta perusahaan swasta nasiona| yang ada di Provinsi Riau ini untuk berkontribusi menampilkan alat-alat peraga Iptek dari hasil kegiatan di kampus, hasil penelitian dan kajian dan prototype teknologi yang digunakan di dunia industri untuk ditampilkan di Riau Science Center ini, sehingga ke depan wahana ini dapat memberikan berbagai informasi keilmuan dan teknologi bagi masyarakat. (R06/MCRiau)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index