Tak Hadiri Rapat Pansus Ranperda SOTK, Ginda Burnama Minta Wako Pekanbaru Evaluasi Dua OPD Ini

Tak Hadiri Rapat Pansus Ranperda SOTK, Ginda Burnama Minta Wako Pekanbaru Evaluasi Dua OPD Ini
Panitia Khusus (Pansus) Ranperda SOTK DPRD Pekanbaru gelar rapat kerja bersama OPD terkait Ranperda SOTK di ruangan Badan Musyawarah (Bamus), Selasa (17/12/2019).

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Panitia Khusus (Pansus) Ranperda SOTK DPRD Pekanbaru gelar rapat kerja bersama OPD terkait Ranperda SOTK di ruangan Badan Musyawarah (Bamus), Selasa (17/12/2019). Rapat dipimpin oleh Ginda Burnama ST.

Adapun OPD terkait yang diundang  dalam rapat tersebut yakni Diskominfo, Dishub, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan anak, dan juga Dinas Pertanian dan Kesbangpol, namun tak semuanya hadir.

Ketidakhadiran ini menjadi catatan tersendiri bagi Pansus. "Kita sayangkan Dinas Perlindungan Anak dan Diskominfo, keseriusannya disini  tidak ada. Jadi diharapkan kedepannya bisa hadir," harapnya.

Ia pun berjanji akan menyampaikan hal ini kepada Wali Kota Pekanbaru agar nanti dua dinas yang tak hadir tersebut bisa dievaluasi.

"Karena sangat disayangkan padahal ini buat dinas tersebut prestasi dari dinas tersebut agar dapat melayani masyarakatnya lebih baik lagi meningkatkan akreditasinya dengan baik tipelogi menjadi baik menjadi pelayanannya baik," ungkapnya seperti dikutip dari Datariau.com.

Dalam bahasannya, Ginda menyampaikan kepada OPD terkait bahwa tipelogi untuk Ranperda SOTK akan dinaikkan.
 
"Tadi kita baru rapat kerja dengan OPD terkait untuk SOTK, dimana itu tipeloginya akan dinaikkan dari B menjadi A, dan C menjadi B," ucapnya.

Seperti diketahui, adapun tujuan Ranperda SOTK agar OPD yang ada dapat melayani masyarakat. Diketahui ada beberapa dinas yang tipelogi B yang saat ini tidak relevan lagi karena adanya peraturan dari Kemendagri Nomor 11 tahun 2019.

"Maka layak beberapa dinas ini naik tipenya dari B ke A. Jadi, dari revisi perda ini kita bahas lagi Perda no 9 tahun 2016, tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah. Ada beberapa dinas mau kita naikkan tipenya. Dan menurut hitungan-hitungan memang layak dinaikkan," jelas Zainal Arifin.

Namun demikian, Pansus juga akan melihat kesiapan dari OPD ini. Apakah siap secara infrastruktur dan secara SDM. 

"Kalau kita anggap siap, baru kita naikkan tipeloginya. Tapi kalau tidak, bisa saja tidak kita naikkan. Hasil kajian ini akan kita tinjau ke lapangan. Dan tentu mekanisme pansus seperti biasa. Kita akan undang tenaga pakar dan nanti akan kita kaji," ujarnya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index